Sukses

Tak Banyak Diketahui, Inilah Arti Lampu dalam Kabin Pesawat

Ternyata perubahan warna pada kabin pesawat memiliki tujuan khusus kepada para pengguna pesawat.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang tidak sadar, lampu pesawat sering berubah warnanya ketika pesawat sudah diatas udara. Ternyata perubahan warna pada kabin pesawat memiliki tujuan khusus kepada para pengguna pesawat. Masing-masing warna memiliki artinya sendiri sesuai dengan kebutuhan dari pesawat, seperti yang dilansir dari travelandleisure.com, Senin (19/12/2016).

Ternyata menurut Journal of Consumer Psychology, semakin keras cahaya yang dikeluarkan oleh lampu, maka perasaan manusia makin tertekan. Jadi warna lampu yang digunakan di atas pesawat kala penerbangan sedang berlangsung adalah warna-warna yang lembut. Hal ini bertujuan untuk menenangkan berbagai jenis penumpang yang memiliki banyak perasaan, mulai dari senang hingga depresi dengan ketinggian.

Lampu Putih
Beberapa warna yang sering terlihat dalam kabin pesawat adalah putih, lampu ini dinyalakan ketika pesawat akan lepas landas dan telah mendarat di bandara tujuan. Lampu putih memberikan tanda bahwa pesawat dalam keadaan siap untuk berangkat dan memudahkan para penumpang duduk, menyimpan barang dan menggunakan sabuk pengaman.

Lampu Biru
Warna selanjutnya adalah warna biru yang sering digunakan pada saat penerbangan malam hari. Lampu ini dihidupkan dengan perlahan ketika pesawat sudah lepas landas di ketinggian yang ideal. Lampu biru memberikan kesan nyaman dan perasaan yang tenang, sehingga mempermudah penumpang untuk beristirahat.

Lampu Orange
Ketika sedang menaiki pesawat jarak jauh, maka Anda akan sering melihat lampu orange yang tidak terlalu terang dihidupkan pada saat penerbangan. Lampu berwarna orange lunak biasanya memberikan kesan yang tenang dan membangkitkan selera makan, karena itulah lampu ini dinyalakan pada saat makan berlangsung. Selain itu lampu orange juga membantu modifikasi cuaca dalam kabin, sehingga penumpang tidak mendadak bangun saat makanan akan dibagikan dan bisa tidur lebih lama dengan menyesuaikan jam biologis penumpang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.