Sukses

Suka Makan Tapi Takut Gemuk? Hindari Dengan 4 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Makan sudah menjadi kebutuhan agar bisa terus hidup dan bertenaga. Makan juga salah satu aktivitas dasar yang dibutuhkan oleh manusia agar terus berkembang. Namun pada kenyataannya banyak manusia yang menyalahgunakan aktivitas makan, sehingga mereka mengalami penyakit karena salah makan. Mulai dari diabetes, kolesterol dan berbagai penyakit yang diakibatkan karena makan.

Beberapa orang juga takut makan karena masalah kegemukan yang mengintainya. Padahal bila mengetahui bagaimana cara berhubungan yang tepat dengan makanan, Anda akan bisa mengonsumsi berbagai macam makanan tanpa takut gemuk dengan 4 cara ini. Seperti yang dirilis oleh lifehack.org, Senin (26/12/2016).

Pilihlah makanan dengan pikiran positif
Ingatlah, aktivitas makan merupakan aktivitas yang sehat. Untuk menikmatinya, maka usahakan kita memiliki pikiran positif saat melakukannya. Bila Anda sering mendengar saran praktisi kesehatan tentang mengurangi gula dan mengurangi karbohidrat, jangan terpaku pada pengurangan itu saja melainkan coba ubah pola pikir kita. Pilihlah makanan yang mampu mencukupi kebutuhan dalam sehari, jangan sampai berlebihan. Dengan cara ini Anda tidak akan ketakutan lagi untuk makan.

Konsumsi berbagai jenis makanan yang segar
Bosan memakan makanan yang biasa saja? Anda bisa mengalihkan perasaan bosan ini menjadi energi untuk mencari jenis makanan yang baru. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan berbagai variasi makanan yang segar dan bernutrisi tinggi. Konsumsi bahan makanan segar dan bernutrisi tinggi ini dalam menu masing-masing.

Tahan keinginan makan dan nikmati aspek sosialnya
Banyak orang terlalu bernafsu untuk makan ketika mereka benar-benar lapar. Hal ini biasa Anda lihat pada saat berbuka puasa di bulan Ramadhan, mereka terlalu bernafsu makan sehingga akhirnya tidak bisa mengendalikan porsi yang seharusnya mereka konsumsi. Sebaiknya, jangan terlalu berkeinginan untuk makan, sehingga Anda tida perlu khawatir dengan nafsu makan yang terlalu besar. Apalagi ketika makan bersama, Anda akan lebih menikmati kebersamaannya, sehingga aktivitas makan akan lebih menyenangkan.

Makan dengan baik, berhenti sebelum kenyang
Makanlah dengan cukup, itulah hal dasar pertama yang harus dipenuhi oleh manusia. Karena banyak aspek kehidupan kita berawal dari pilihan makanan hingga kebiasaan makan kita. Untuk itu, makanlah dengan baik, berhenti sebelum kenyang, dan usahakan makan bersama untuk menjaga hubungan sosial satu sama lainnya.