Sukses

3 Ciuman yang Tidak Berbahaya dan Menjadi Kebiasaan Dunia

Ternyata secara tidak sadar, ciuman juga menjadi salah satu kebiasaan dunia yang menunjukkan penghormatan dan kasih sayang.

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa orang yang memiliki pandangan negatif ketika mendengar kata ciuman. Mereka menganggap bahwa kegiatan ini hanya dilakukan oleh pasangan suami istri dan dilarang dilakukan di khalayak ramai. Ternyata secara tidak sadar, ciuman juga menjadi salah satu kebiasaan dunia yang menunjukkan penghormatan dan kasih sayang dengan cara yang positif. Inilah 3 ciuman yang tidak berbahaya dan sudah menjadi kebiasaan dunia.

ilustrasi air kiss

Air kiss
Air kiss atau sering dikenal sebagai kiss bye, merupakan salah satu ciuman yang menjadi kebudayaan di benua Eropa dan beberapa negara di belahan dunia lainnya. Caranya juga mudah, dengan mendekatkan tangan ke bibir dan mengucapkan kata “muah” dan menggerakkan tangan seakan-akan mengirimkan ciuman tersebut ke orang yang berada di depan Anda. Biasanya ciuman ini untuk mengantar kepergian seseorang, atau memberikan perhatian kepada penggemar yang sangat banyak.

Pangeran Harry saat mencium pipi Michelle Obama saat Presiden AS Barack Obama berkunjung ke Kensington Palace, London , Inggris (22/4). Mereka akan mengadakan acara makan malam. (REUTERS / Kevin Lamarque)

Ciuman Pipi
Ciuman pipi ini menggambarkan persahabatan, sambutan, dan menunjukkan penghormatan. Ciuman ini juga bisa bermakna romantis, bila dilakukan dengan kekasih. Ternyata, ciuman yang satu ini sudah menjadi budaya di berbagai negara di dunia dengan maknanya masing-masing. Contohnya di Eropa Timur, cium pipi merupakan salah satu cara salam pertemuan yang lazim dilakukan oleh setiap orang. Cium pipi juga menjadi bukti sayang orang tua kepada anaknya ketika saling bertemu atau saling berpisah. Di Indonesia, cium pipi juga lazim dilakukan antar wanita dan orang tua ke anak sebagai tanda sayang.

Seorang guru mencium tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat hadir dalam Peringatan Hari Guru Nasional 2015, Istora Senayan, Jakarta, Selasa (24/11). Peringatan hari guru tahun ini mengangkat tema 'Guru Mulia Karena Karya'. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ciuman Tangan
Cium tangan merupakan salah satu bentuk penghormatan satu sama lainnya, seperti kepada guru, orangtua, atau orang-orang penting. Ketika mereka bertemu dengan orang yang lebih tua dan dihormati, maka mereka akan mengambil tangan kanan dan mendekatkannyaa ke hidung atau menciumnya secara langsung. Ciuman ini juga menjadi kebiasaan di berbagai budaya dan agama untuk menghormati orang lain. Bahkan di Indonesia, cium tangan sudah diajarkan dalam keluarga semenjak kecil, sehingga ciuman ini lebih memiliki makna penghormatan, dibanding sisi romantis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.