Sukses

Apa yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Gempa Bumi?

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda bayangkan ketika sedang sibuk dengan berbagai aktivitas, tiba-tiba saja bumi berguncang tanda bencana gempa bumi datang. Lampu gantung berayun ke sana ke mari. Benda-benda hias di lemari pajang berjatuhan bahkan jalan raya terbelah. Suasana gempa bumi seperti itu mungkin saja terjadi. Baru saja masyarakat Indonesia mendengar kabar adanya gempa bumi di Aceh dengan kekuatan 6,5 skala richter. Ini masih bersambung dengan adanya beberapa gempa susulan. Banyak bangunan rusak dan korban meninggal dunia juga tak terhitung sedikit. Kejadian gempa mungkin tidak dapat diprediksi oleh masyarakat umum. Bahkan ketika menjalani aktivitas harian tidak pernah akan terpikir akan terjadi gempa. Ada baiknya tetap bersiap diri jika suatu waktu gempa ini terjadi agar tidak banyak korban jiwa yang jatuh ketika gempa. Dilansir dari conservation.ca.gov, Jumat (9/11/2016) ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai persiapan ketika terjadi gempa.

1.Tetap jaga ketenangan diri dan tidak panik ketika terjadi gempa bumi. Jika berada di dalam rumah Anda bisa berlindung di bawah meja dan lindungi kepala dengan tas atau tangan. Usahakan untuk tidak berada dekat dengan lemari atau barang pecah belah dan segera keluar dari rumah begitu getaran gempa selesai.

2. Jika Anda berada dalam gedung tinggi, secepatnya keluar dari gedung. Gunakan tangga darurat dan jangan gunakan lift. Usahakan mengetahui tempat evakuasi dan tangga darurat sebelumnya, agar anda bisa langsung tahu tempat untuk menyelamatkan diri ketika gempa bumi terjadi.

3. Jika Anda berhasil berada di luar ketika terjadi gempa, perlu waspada pula pada bangunan dan pohon tinggi. Jauhi bangunan dan tiang-tiang tinggi karena sangat berbahaya jika rubuh dan menimpa orang yang ada di bawahnya. Gempa juga terkadang menimbulkan tanah longsor karenanya hindari pula kawasan dekat tebing atau jurang, usahakan untuk bisa berada di alam terbuka dan tanah lapang.

4. Jika getaran gempa bumi sudah selesai, lebih waspada terhadap gempa susulan. Getaran yang terjadi pada gempa susulan terkadang lebih besar dari gempa pertama. Kalau Anda masih berada dekat rumah pastikan kompor sudah dimatikan. Jika tercium bau gas segera tutup dan cabut katup penghubung tabung gas. Jika Anda curiga ada kerusakan listrik yang timbul akibat gempa bumi segera matikan sumber listrik di rumah agar tidak terjadi konsleting listrik yang membahayakan.
Mendengarkan radio akan membantu untuk mengetahui informasi dan panduan yang diarahkan oleh aparat setempat agar tetap berada dalam kondisi terlindung. Dikhawatirkan akan terjadi gempa susulan yang justru lebih besar dan berbahaya dari gempa sebelumnya.

5. Jangan lupa untuk mengabarkan kondisi pada sanak dan kerabat agar mereka mengetahui kabar Anda dan tahu tindakan apa yang harus dilakukan saat gempa bumi terjadi.
Bumi berubah dengan segala kejadian alam yang dihadirkannya, termasuk dengan adanya gempa dan tanah lonsor. Sebagai penduduk bumi kesiapan menghadapi hal itu sangat diperlukan agar tahu apa yang harus diperbuat ketika gempa terjadi.

Melia Citra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.