Sukses

Geopark Ciletuh, Paket Wisata Lengkap untuk Liburan Akhir Tahun

Geopark Ciletuh memiliki paket wisata lengkap yang bisa menjadi pilihan tujuan wisata Anda saat liburan akhir tahun.

Liputan6.com, Jakarta Geopark Ciletuh merupakan wisata alam di Sukabumi yang menawarkan keindahan pemandangan bebatuan purba. Selain batu-batuan tua, kawasan ini juga dikelilingi perbukitan hijau dan air terjun yang menawan. Sebelumnya menjadi seperti sekarang, Geopark Ciletuh awalnya adalah kawasan laut. Fenomena geologi selama jutaan tahun membuat tempat ini berubah menjadi daerah yang dipenuhi tebing bebatuan.

Tempat wisata ini resmi dikukuhkan sebagai Geopark Nasional pada 2015. Saat ini, Pemprov Jawa Barat masih berupaya untuk menjadikan kawasan geopark ini sebagai anggota Jaringan Geopark Dunia UNESCO.

Seperti yang dilansir dari geoparkciletuh.org, Jumat (9/12/2016) taman bumi ini memiliki paket wisata lengkap yang cocok untuk dikunjungi saat liburan. Berikut ini daftar jenis wisata yang bisa didapatkan di Geopark Nasional.

Wisata Air Terjun

Wisata air terjun jadi jenis yang paling menonjol di sini. Sebab, setidaknya ada sembilan air terjun eksotis yang mengelilingi kawasan ini. Tiga dari sembilan air terjun tersebut terkenal di kalangan wisatawan. Ketiga air terjun tersebut adalah Curug Sedong, Cimarinjung, dan Awang.

Area air terjun dikelilingi oleh bebatuan purba yang membuat Anda serasa masuk di dunia Jurassic Park. Tak hanya itu, pohon rindang dan sawah yang ada di sekitar curug membuat suasana menjadi tambah asri dan sejuk. Anda bisa menghabiskan waktu untuk bermain air atau berendam di ceruk yang tidak terlalu dalam. Akses menuju curug yang licin dan penuh bebatuan membuat Anda harus berhati-hati saat melewatinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wisata Gunung

Anda pun bisa menikmati pemandangan sunrise di waktu senja di Geopark Ciletuh. Datanglah ke Puncak Darma untuk melihat indahnya matahari tenggelam di lautan. Puncak tertinggi dari Geopark Ciletuh ini memang menghadap tepat ke arah lautan. Tak hanya itu, Anda pun bisa melihat wilayah geopark ini secara keseluruhan di Bukit Panenjoan yang letaknya tak begitu jauh dengan Puncak Darma. Tempat ini cocok untuk Anda yang hobi membidik gambar menggunakan kamera. Kombinasi dari pohon rimbun hijau, lautan, air terjun, dan bebatuan purba yang ada di sana tentu akan jadi latar belakang yang indah di foto Anda.

3 dari 3 halaman

Wisata Pantai

Geopark Ciletuh (geoparkciletuh.org)

Bentang pantai yang panjang dan berbentuk tapal kuda menjadi daya tarik bagi Pantai Palangpang yang ada di Geopark Cilodoh. Pantai biru dengan hamparan pasir yang luas dan ombak yang tenang membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Untuk Anda yang ingin bersantai lebih lama sambil menikmati angin sepoi-sepoi yang berasal dari hembusan angin laut selatan bisa datang ke balai-balai yang ada di pinggiran pantai.

Berencana untuk traveling ke Geopark Ciletuh? Cek terus Reservasi.com untuk dapatkan promo tiket pesawat hingga Rp 1juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.