Sukses

Ini 5 Destinasi dengan Indeks Daya Saing Wisata Tertinggi

Kementerian Pariwisata baru saja mengumumkan lima destinasi dengan indeks daya saing pariwisata tertinggi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai apresiasi kepada daerah tujuan wisata, pemerintah pusat menyelenggarakan acara Anugerah Indeks Daya Saing 10 Destinasi Prioritas Kepariwisataan Indonesia di Ballroom 3C, The Ritz Carlton Pasific Plaze, Jakarta, Kamis malam, (8/12/2016).

Penilaian indeks sendiri mengacu pada global Travel and Tourism Competitive Index (TTCI) World Economic Forum dan United Nations World Organization, yang disesuaikan dengan kondisi di Indonesia. Tak hanya itu, sejumlah indikator juga diterapkan, antara lain seperti policy support (prioritas pariwisata, keterbukaan regional, daya saing harga, environment sustainability), tourism enabler (lingkungan bisnis, keamanan, kesehatan dan kebersihan, SDM dan tenaga kerja, kesiapan teknologi informasi), infrastructure (infrastruktur bandara, infrastruktur pelabuhan dan darat, infrastruktur pelayanan pariwisata), dan natural & cultural resources (sumber daya alam dan sumber daya budaya).

Penyelenggaraan acara ini disambut baik oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Baginya pemberian penghargaan ini akan terlihat daerah mana saja yang sudah memberikan upaya dan perhatian tinggi terhadap pembangunan kepariwisataan, dan daerah yang belum diharapkan mampu memaksimalkan penegambangan sehingga juga mampu berdaya saing.

Lebih dauh dirinya menjelaskan, saat ini daya saing pariwisata Indonesia berada di peringkat 50 dunia, dari sebelumnya berada di posisi 70. Indonesia terus berusaha menjadi yang terbaik, sehingga pada 2019 Indonesia ditargetkan berada di posisi 30.

“Untuk mencapai ranking 30 dunia, kita terus memperbaiki kelemahan seperti infrastruktur pariwisata, infrastruktur ICT, health and hygiene, dan aksesibilitas khususnya konektivitas penerbangan, kapasitas kursi dan penerbangan langsung,“ kata Menteri Arief.

Setelah melakukan survei dan penilaian pada Juli hingga Desemberi 2016, berdasarkan indikator yang digunakan, pihak panitia dan dewan juri akhirnya menetapkan lima pemenang sesuai kriteria. Untuk penerima penghargaan kategori Indeks Destinasi Tertinggi Pertama adalah Borobudur, Indeks Destinasi Tertinggi Kedua adalah Wakatobi, Indeks Destinasi Tertinggi Ketiga adalah Tanjung Kelayang; sedangkan kategori penghargaan Destinasi Yang Menjanjikan adalah Tanjung Kelayang, dan sebagai Destinasi Terfavorit adalah Labuan Bajo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini