Sukses

Sebening Kaca, Intip Indahnya Kolam Air di Umbul Manten Klaten

Memiliki kolam mata air sebening kaca dan cerita legenda unik, yuk wisata ke Umbul Manten Klaten.

Liputan6.com, Jakarta Popularitas Klaten sebagai kota wisata kini mulai bertambah sejak terkenalnya Umbuk Ponggok di media sosial. Ternyata masih banyak umbul atau mata air dengan keindahan luar biasa dan di kota ini. Selain Umbuk Ponggok, umbuk yang terkenal di Klaten adalah Umbul Manten.

Popularitas Umbul Manten memang belum sebesar Umbul Ponggok. Sebab, kolam mata air yang ada di tempat ini memang tak seluas Umbul Ponggok. Selain itu, tempat ini pun tak mempunyai fasilitas seperti properti-properti lucu yang mendukung hasil selfie para wisatawan.

Namun, semua itu tetap tak mengurangi keindahan kolam yang berada di Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini. Masih banyak alasan-alasan yang bisa membuat Anda tetap tertarik untuk datang ke kolam mata air ini dilansir dari berbagai sumber, Selasa (20/12/2016).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kolam dengan Air Sebening Kaca

Kejernihan air di Umbul Manten tak kalah dengan Umbul Ponggok. Tak heran jika kolam ini dikatakan sebening kaca. Jernihnya kolam membuat Anda bisa melihat kumpulan ikan-ikan lucu yang berenang di sana. Selain itu, Anda pun bisa melakukan selfie underwater di kolam untuk kemudian diunggah ke akun media sosial. Kolam yang memiliki kedalam 1,5 meter ini memiliki dasar bebatuan yang bisa membuat kejernihan dalam kolam tetap terjaga.

Suasana alami dan sejuk di Umbul Manten begitu terasa dengan kehadiran pohon ipik yang menjulang tinggi dan mengelilingi area kolam. Selain dipakai untuk berenang, beberapa sumber mata air yang ada di Umbul Manten juga digunakan oleh masyarakat untuk sumber pengairan lahan dan budidaya ikan air tawar.

3 dari 3 halaman

Legenda di Umbul Manten

Ada cerita legenda yang menarik hati masyarakat untuk datang ke Umbul Manten ini. Cerita ini merupakan asal-usul mengapa tempat ini dinamakan Umbul Manten. Dahulu kala, ada sepasang pengantin baru atau dalam bahasa Jawa disebut manten di desa ini. Ada peraturan yang melarang pasangan yang baru menikah ini untuk keluar rumah setelah maghrib selama 40 hari awal pernikahan. Tak diketahui apa alasan larangan tersebut.

Suatu hari, pasangan tersebut melanggar aturan tersebut. Mereka keluar rumah setelah maghrib padahal belum genap 40 hari usia pernikahan mereka. Sang suami berjalan di depan istrinya. Namun anehnya kedua pasangan itu tiba-tiba lenyap dan menghilang dari desa itu. Lokasi hilangnya sepasang pengantin itu berada di kolam mata air. Inilah yang membuat warga sekitar menamakan sumber mata air itu Umbul Manten.

Berminat untuk menghabiskan waktu liburan ke Umbul Manten Klaten? Jangan lupa cek selalu Reservasi.com untuk dapatkan informasi terbaru seputar harga tiket pesawat dan sewa hotel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini