Sukses

Sudahkah Anda Membuat Perencanaan Hidup Menyambut Tahun Baru?

Bulan Desember hampir usai yuk kita mulai membuat perencanaan hidup menyambut tahun baru.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Desember hampir usai, tinggal hitungan hari penduduk bumi akan memasuki tahun baru. Banyak orang mulai bersiap dengan perencanaan hidup yang akan dilaluinya tahun depan. Gol yang ingin dicapai pun dicanangkan. Mereka belajar dari jurnal dan pendokumentasian hidup yang sudah dilalui tahun sebelumnya. Hal ini mungkin hanya dilakukan sebagian orang. Kenyataannya ada pula yang tidak ingin membuat perencanaan untuk kehidupan tahun baru.

Mereka tidak ingin menuliskan rencananya di tahun baru karena cemas bagaimana akan menjalaninya nanti. Perencanaan juga membuat mereka menjadi gelisah karena melihat tumpukan daftar pekerjaan yang harus dituntaskan. Sebagian orang justru terpacu dan tertantang dengan adanya target hidup. Tetapi sebagian yang lain justru tidak ingin dikejar-kejar oleh target dalam hidupnya. Lantas apakah Anda perlu untuk membuat perencanaan hidup?

Dilansir dari mindbodygreen.com, Selasa (13/12/2016) perencanaan hidup yang Anda buat akan menolong untuk meraih peningkatan hidup. Mencatat jurnal dan memiliki goal sangat membantu untuk memberikan gambaran masa depan yang ingin diraih. Bagaimana cara membuat perencanaan hidup? Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membuat Evaluasi Hidup

Membuat Evaluasi Hidup
Cara mengetahui apakah kita sudah mengalami peningkatan dalam hidup adalah belajar dari masa lalu. Evaluasi apa yang terjadi dalam hidup sangat membantu untuk menentukan langkah apa yang mesti dilakukan ke depan. Evaluasi ini dapat dibuat dengan melihat perjalanan hidup setahun yang lalu, sebulan yang lalu, atau mungkin sehari yang lalu.

Menghidupkan Kembali Visi Anda
Kehidupan seperti apa yang ingin Anda raih bergantung seperti apa visi hidup yang Anda punya. Menetapkan visi dalam hidup berpengaruh pada bagaimana Anda menjalani hidup. Jika memiliki visi peduli lingkungan mungkin Anda akan mengalihkan moda transportasi yang digunakan dari naik kendaraan yang membuat polusi udara menjadi kendaraan yang ramah lingkungan misalnya sepeda.

3 dari 3 halaman

Dokumentasi Harian

Dokumentasi Harian
Untuk membuat Anda tetap berada di jalur yang ditetapkan sesuai dengan gol dan visi hidup, dokumentasi harian membantu anda untuk melihat apakah apa yang sudah dilakukan masih berada di jalur yang benar atau tidak. Dokumentasi ini mendukung untuk mengamati apa yang sudah dilakukan dan apa yang seharusnya perlu dilakukan.

Menuliskan Tantangan
Saat kita mempelajari hasil evaluasi hidup, dari sana kita dapat mengetahui tantangan seperti apa yang akan dihadapi di masa datang. Menuliskan tantangan yang akan dihadapi membuat kita mesti berpikir untuk menghadirkan solusi dari hal-hal yang mungkin akan menghambat usaha dalam pencapaian visi dan tujuan hidup. Jika kita sudah membayangkan tantangan yang akan dialami di masa depan kita pun akan mengetahui seberapa besar kesanggupan diri untuk menghadapi hambatan itu. Dari sana diusahakan untuk mencari cara mengatasi hambatan ini.

Membuat Perencanaan Hidup Setiap Tahun
Anda bisa terus membuat perencanaan setiap menyambut tahun baru. Ketika Anda sudah mencapai akhir tahun, perencanaan hidup yang dibuat bisa dijadikan sebagai rapor tahunan. Anda bisa mengetahui seperti apa pencapaian yang sudah diraih dalam tahun ini. Rapor ini pun akan menjadi panduan untuk membuat perencanaan hidup yang baru untuk tahun berikutnya.

Melia Citra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini