Sukses

Jangan Lakukan 6 Hal Ini di Kantor Jika Tak Ingin Dibenci

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin bekerja dengan penuh dedikasi dan integritas. Namun perlu diingat bahwa bekerja di sebuah lingkungan yang menuntut sikap profesionalitas, salah sikap sedikit bisa memengaruhi reputasi Anda. Agar tidak menjadi bahan gunjingan antar rekan kerja Anda di kantor, berikut adalah kebiasaan yang mungkin remeh tapi penting diperhatikan karena bisa memengaruhi cara pandang orang lain terhadap Anda, seperti dilansir dari laman femalenetwork.com, Selasa (13/12/2016)

Memakai barang orang lain tanpa izin
Anda menemukan makanan tergeletak di sebuah meja dan tanpa basa-basi langsung memakannya. Anda mungkin menganggap biasa saja, namun hal tersebut bisa menyebabkan si pemilik merasa tidak enak. Tidak hanya makanan, usahakan untuk tidak menggunakan barang-barang pribadi seperti pulpen, buku, flashdisk milik rekan kerja tanpa meminta izin terlebih dahulu. Hal ini juga termasuk menggunakan ide orang lain dan mengaku sebagai hasil buah pikiran Anda sendiri.

Melibatkan rekan kerja dalam masalah pribadi
Berbagi cerita kepada rekan kerja mungkin bisa merekatkan hubugan. Anda dan teman sekantor mungkin menjalin sebuah persahabatan. Namun perlu diingat, Anda tidak perlu melibatkan mereka dalam masalah pribadi di jam kerja. Teman Anda tidak harus mendengar Anda beradu argumen dengan seseorang di telepon saat bekerja. Hal tersebut bisa menimbulkan ketidaknyamanan.

Keluar kantor tanpa pemberitahuan
Salah satu hal yang paling menyebalkan bagi rekan kerja Anda adalah ketika Anda tiba-tiba menghilang dalam sebuah rapat penting tanpa pemberitahuan. Sebagai bagian dari sebuah tim, Anda memiliki tanggung jawab dan menjadi bagian penting dalam keberhasilan tim. Jika Anda harus pergi karena ada urusan mendesak atau karena merasa tidak enak badan, beritahukan kepada atasan dan rekan kerja Anda agar tidak terjadi kesalah pahaman.

Menyebarkan gosip
Tidak perlu ikut-ikutan menyebarkan gosip dan kejelekan rekan kerja Anda. Seperti Anda ingin selalu menjaga nama baik dan reputasi Anda, begitu pula Anda sebaiknya menghormati rekan kerja Anda dengan memahami batas-batas antara bercerita dan bergunjing.

Menyalahkan
Meskipun proyek tim tidak berhasil dan atasan menegur kinerja Anda dan tim, jangan menyalahkan orang lain dan menjelek-jelekkannya di hadapan atasan. Sikap tersebut hanya akan membuat Anda dicap sebagai tukang jilat dan tukang "kambing hitam". Setiap orang pasti pernah berbuat salah, cobalah untuk bersikap legawa.

Menyakiti hati
Baik secara fisik atau verbal, menyakiti rekan sekantor tidak pernah ditoleransi. Jika Anda sedang marah karena sesuatu, cobalah ditahan sampai Anda merasa lebih baik baru dikomunikasikan dengan bahasa yang santun dan sopan. Jika Anda memperlakukan orang lain dengan santun, maka orang lain akan memperlakukan Anda dengan santun pula. (Ana Fauziyah)