Sukses

5 Penyebab Anda Sulit Menabung

Liputan6.com, Jakarta Memiliki pendapatan tinggi, tetapi masih saja tidak mempunyai tabungan? Jangan-jangan ada yang salah dengan pengelolaan keuangan Anda. Berikut 5 penyebab Anda sulit menabung seperti dikutip dari magforwomen.com, Jumat (9/12/2016):

1. Tidak memeriksa saldo Anda secara teratur
Kebiasaan cuek terhadap saldo di rekening Anda dapat berakibat buruk. Anda akan merasa aman untuk melakukan pengeluaran demi pengeluaran sementara saldo Anda mulai menipis, sehingga Anda tidak bisa menabung.

2. Mudah tergoda
Ketika jalan-jalan di pusat perbelanjaan bersama teman-teman, Anda mudah tergoda terhadap diskon yang ditawarkan atau terhadap barang-barang dengan desain dan warna yang unik, padahal Anda tidak benar-benar membutuhkannya.

3. Salah perhitungan
Kebanyakan pekerja freelancer mengalami hal ini. Ketika sebuah project selesai, maka pemasukkan yang didapatkan pun cukup menggiurkan, tetapi proyek berikutnya belum kunjung datang, maka harus hati-hati dalam melakukan pengeluaran agar tidak kunjung habis sebelum project selanjutnya datang.

4. Tidak memiliki perencanaan tabungan
Menabung adalah hal yang sangat diperlukan untuk masa depan, karena tidak ada yang tahu bagaimana masa depan seseorang nanti. Sayangnya, ada sebagian orang yang tidak memiliki tabungan hanya karena mereka tidak mengerti bagaimana cara menabung yang baik dan tujuan yang sangat penting dari menabung. Menabung berarti menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk tidak digunakan sama sekali dan menyimpannya di tempat yang aman, seperti di bank kepercayaan Anda misalnya. Tabungan itu dapat digunakan untuk dana darurat kehidupan keluarga Anda.

5. Tidak memodifikasi pengeluaran
Anda harus memiliki kemampuan untuk memodifikasi pengeluaran Anda. Ada beberapa pengeluaran yang sebaiknya tidak diperlukan atau bisa dikurangi. Cara ini dapat membantu Anda untuk menabung lebih banyak.

(Odilia Hana Santoso)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini