Sukses

4 Aturan Saat Sarapan Untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Liputan6.com, Jakarta Memutuskan untuk tidak makan bukanlah hal yang tepat untuk menurunkan berat badan. Terutama melewatkan sarapan setiap hari. Tahukah Anda jika melakukan sarapan setiap hari bisa membangkitkan metabolisme tubuh dan membantu membakar kalori Anda di sepanjang hari. Makan makanan padat saat sarapan pagi juga dapat membantu Anda merasa lebih kenyang sehingga Anda akan makan dengan sedikit kalori di siang hari.


Seperti dilansir dari Popsugar.com, Kamis (8/12/2016) ada 4 aturan saat sarapan yang harus Anda lakukan agar tampak lebih sehat sekaligus mendapatkan berat badan ideal sesuai harapan Anda.


1. Makanlah 1 Jam Setelah Anda Bangun
Waktu terbaik saat melakukan sarapan adalah 30 menit -1 jam setelah Anda bangun. Sarapan yang dilakukan lebih awal dapat membantu menjaga metabolisme tubuh dan memberikan ‘makanan’ baik untuk pertumbuhan otot.


2. Konsumsi Banyak Protein bukan Gula
Sarapan pancake dengan maple syrup memang tampak lezat, namun tahukah Anda kalau mengkonsumsi jenis makanan tersebut justru akan membuat tubuh merasa cepat lapar di siang hari. Sebaiknya makan makanan yang mengandung protein saat sarapan seperti telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang rendah kalori untuk menyimpan energi hingga waktunya makan siang. Anda juga bisa membuat smoothie dari kacang Almond yang dicampur dengan buah kesukaan Anda.


3. Makan Setidaknya 8 gram Serat Setiap Hari
Kunci sukses untuk menurunkan berat badan Anda adalah dengan makan makanan yang membuat Anda merasa kenyang sehingga rasa lapar tidak mendorong Anda untuk makan makanan yang berkalori tinggi. Saat sarapan usahakan makan makanan yang mengandung serat setidaknya 8 gram setiap hari. Anda bisa menyiapkan semangkuk sereal tinggi serat dengan campuran oatmeal dan buah-buahan seperti blueberry yang gluten free.


4. Kurangi Makan Makanan yang Berkalori Tinggi
Untuk mendapatkan hasil berat badan ideal Anda harus menghindari makan makanan yang berkalori tinggi saat sarapan. Ingatlah kalau jumlah kalori yang harus Anda makan saat sarapan antara 300-500 kalori dalam sehari. Jadi, kurangilah makan makanan yang berkalori tinggi di waktu pagi. Coba makan makanan yang berkalori rendah, misalnya omelet sayuran, roti gandum panggang, oatmeal, dan buah-buahan segar.