Sukses

Tipe Pemakan Apakah Anda? Cari Tahu dan Atasi dengan Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang terutama wanita mengalami pola makan emosional ketika sedang stres, sedih ataupun saat sedang bahagia. Namun, tahukah Anda? Jika cara Anda menikmati makanan didasari dengan pola makan yang salah, dapat membuat berat badan Anda tidak ideal.

Apakah Anda termasuk ke dalam tipe pemakan emosional? Atau habitual? Intip cara atasi pola makan Anda agar tubuh lebih sehat.  


Dilansir dari Byrdie.com (Kamis, 8/12/2016) berdasarkan saran dari Brad Lamm, founder dari Breath Healing Centers, ada beberapa tipe pola makan yang harus disesuaikan dengan cara kita makan untuk mendapatkan tubuh sehat dan berat badan ideal.


• Emosional
Menurut Lamm, tipe emotional eaters adalah tipe pemakan yang makan berdasarkan perasaan. Ketika Anda merasa bahagia, Anda bisa makan sangat banyak. Atau ketika Anda merasa sangat sedih, makanan adalah solusi untuk membuat Anda kembali bahagia. Cara yang tepat untuk mengontrolnya dengan membuat jurnal, seperti menulis daftar makanan apa saja yang Anda makan dan perasaan apa yang Anda rasakan ketika memakan makanan tersebut. Hal ini untuk membantu Anda mengidentifikasi makanan apa yang boleh dan tidak boleh Anda makan.


• Habitual
Habitual eaters biasanya memiliki pola makan yang rutin dan teratur serta tahu bagaimana makan yang benar dan didukung oleh olahraga. Kebanyakan orang dengan tipe pemakan habitual ini adalah orang yang sedang melakukan program diet. Pemakan habitual makan disaat mereka merasa tidak lapar. Jika Anda termasuk ke dalam tipe pemakan habitual, Anda bisa memulai dengan mengatur pola makan sehat. Misalnya dengan mengatur porsi makan mulai dari sarapan, makan siang hingga makan malam, waktu ngemil dan membuat daftar menu makanan sehat untuk setiap hari.


Eksternal
Jika Anda melihat bentuk cupcakes yang tampak lezat, iklan makanan di televisi atau gambar makanan pada menu makanan di restoran membuat nafsu makan Anda bertambah, itu artinya Anda termasuk ke dalam tipe pemakan eksternal. Untuk menghindarinya, coba alihkan dengan menyetok camilan sehat di dalam wadah tertutup. Dengan cara ini, Anda bisa mengalihkan nafsu makan Anda menjadi lebih teratur dan sehat.


• Energy
Makan disaat lapar adalah ciri dari tipe pemakan energy. Namun, Anda juga harus berhati-hati saat sedang makan. Hindari makan makanan yang mengandung karbohidrat secara berlebihan, seperti roti, nasi, atau granola bar yang justru akan membuat rasa lapar Anda semakin bertambah. Jika hasrat lapar yang Anda rasakan sesekali, Anda bisa makan dengan porsi makan yang sedikit tanpa harus merasa bersalah. Mulailah dengan mencoba tiga kali makan camilan sehat, seperti snack rendah lemak atau buah-buahan untuk menahan rasa lapar sebelum makan besar.

Artikel Selanjutnya
3 Hal yang Sebenarnya Ada di Pikiran Pria ketika Anda Jual Mahal
Artikel Selanjutnya
4 Perubahan Kecil Ini Dijamin Bikin Pede dan Enteng Jodoh