Sukses

13 Makanan Ini Aman Masuk Lemari Es

Apa saja bahan makanan yang aman disimpan di freezer agar tidak cepat busuk?

Liputan6.com, Jakarta Dilema sebagian besar orang jika berbelanja bahan makanan adalah jumlah yang akan dibeli. Jika terlalu sedikit, maka akan lebih sering untuk pergi ke pusat perbelanjaan, sedangkan jika terlalu banyak, maka akan banyak bahan yang membusuk jika tidak segera dimasak. Memasukkan bahan makanan ke dalam lemari pendingin bisa menjadi satu cara untuk membuat bahan makanan tetap awet. Kendalanya, tidak semua bahan makanan akan tetap awet jika didinginkan, namun sebaliknya ada juga beberapa bahan makanan yang kualitasnya akan bertambah baik jika didinginkan.

Dikutip dari mashed.com, Rabu, (14/12/2016) ini dia beberapa makanan yang aman untuk dimasukkan ke dalam lemari es:

1.Pasta yang sudah dimasak
Pasta yang sudah dimasak akan sedikit lebih baik disimpan di dalam lemari es, daripada pasta yang masih mentah. Lumuri minyak zaitun sebelum memasukkannya ke dalam lemari es untuk menghindari pasta yang menggumpal.

2.Telur
Meletakkan telur di dalam freezer dapat mengakibatkan cangkang telur menjadi retak. Jadi, jika ingin menaruhnya di dalam lemari es, sebaiknya pecahkan telur dari cangkangnya. Lalu, aduk dan campurkan dengan sejumput garam serta gula untuk menjaga tekstur telur tetap kenyal seperti agar-agar ketika dicairkan kemudian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3.Keju

Membekukan keju membuat tekstur keju menjadi lebih kering dan sedikit rapuh. Keju yang sudah didinginkan juga sangat baik untuk dimasak karena panas dari perkakas masak akan meleburkan keju tersebut.

4.Sayuran Hijau
Sayuran yang murah terkadang membuat Anda kalap berbelanja. Kelebihan banyak sayur yang tidak dimasak dapat Anda masukkan ke dalam kulkas, lalu setelah itu Anda dapat membuat jus sayuran dari sayur-sayuran tersebut.

5.Alpukat
Kelemahan dari beberapa alpukat yang Anda beli adalah buahnya tidak matang bersamaan. Jangan khawatir, Anda tetap dapat mengawetkan alpukat di dalam lemari es. Anda perlu mengupasnya, memisahkannya dari bijinya, memotongnya dan mencampurnya dengan cairan jus lemon agar warnanya tidak menjadi cokelat serta membungkusnya dengan plastic wrap.

6.Mentega
Bagi Anda yang gemar membuat kue, bahan yang satu ini pasti akan ditemukan di kabinet dapur Anda. Anda dapat mendinginkannya di dalam lemari es dengan menutup mentega tersebut rapat-rapat pada tempatnya.

 

3 dari 4 halaman

7.Keripik

Ternyata makanan ringan ini dapat diawetkan di lemari es! Keripik yang belum dibuka kemasannya dapat langsung Anda masukkan ke dalam freezer, tetapi jika Anda sudah membuka kemasannya, maka Anda dapat memasukkannya ke dalam plastic wrap dan lapisi dengan alumunium foil.

8.Tepung
Ternyata tepung dapat Anda masukkan ke dalam freezer. Jika Anda ingin menggunakannya kembali, keluarkan tepung dari freezer dan biarkan tepung selama beberapa waktu sampai tekstur dan suhu tepung kembali seperti semula.

9.Gula Pasir
Mendinginkan gula pasir dapat membentuk tekstur gula menjadi lebih bagus dan lembut. Jangan lupa untuk simpan gula terlebih dahulu dalam plastic wrap dan lapisi gula dengan alumunium foil sebelum meletakkannya di dalam freezer.

10.Cokelat
Cokelat merupakan bahan makanan yang lezat di lidah. Cokelat merupakan bahan makanan yang paling sering dan mudah dibekukan di dalam lemari es. Jadi, agar cokelat Anda tidak mudah meleleh, jangan lupa menyimpannya di dalam freezer.

 

4 dari 4 halaman

11.Daging Kalengan

Memang tidak terlalu dianjurkan untuk sering mengonsumsi daging kalengan, tetapi hal ini merupakan solusi praktis untuk Anda yang memiliki aktivitas yang sibuk sepanjang hari. Anda dapat menyimpan dan mengawetkan daging kalengan di dalam freezer sampai batas waktu maksimal adalah dua bulan.

12.Kacang
Kacang tidak memiliki waktu kadaluarsa yang signifikan, tetapi lama-kelamaan cita rasanya berubah. Menyimpan kacang di dalam freezer dapat menjaga cita rasa kacang tetap nikmat garing.

13.Marshmallow
Marshmallow yang dingin akan terasa lebih nikmat. Selain itu, menyimpan marshmallow di dalam freezer juga akan menjaga tekstur marshmallow tetap lembut.

(Odilia Hana Santoso)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.