Sukses

5 Langkah Sederhana yang Bantu Belanja Buah Tangan Lebih Hemat

Liputan6.com, Jakarta Ingin beli oleh-oleh dari luar negeri untuk orang-orang tersayang? Tentunya butuh trik yang baik agar harganya miring dan kualitasnya tetap terjaga. Untuk itu, lakukan 5 langkah sederhana ini saat belanja untuk menjamin uang Anda tidak akan terbuang sia-sia, seperti dirilis dari budgettravel.com, Minggu (11/12/2016).

1. Jangan gunakan uang tunai
Ketika belanja saat liburan, usahakan belanja dengan menggunakan  kartu kredit ataupun debit. Hal ini dilakukan untuk menjaga nilai kurs sesuai dengan harga pasar, tanpa ditambah oleh sang penjual. Penggunaan uang non tunai juga membantu Anda mengatur cara pembayaran saat pulang ke rumah. Gunakanlah uang non tunai dengan aman dan selamat, agar terhindar dari scamming yang membahayakan.

2. Jangan beli barang yang tidak jelas
Saat membeli oleh-oleh, pastikan terlebih dahulu Anda sudah menulis daftar pembelian dan mengenal barang-barang apa saja yang dibeli. Termasuk kualitas, fungsi dan keindahan barang tersebut, supaya belanja bisa tetap hemat. Jangan sampai Anda tertipu oleh bujuk rayu pedagang atau secara sengaja membeli oleh-oleh menarik namun tidak diketahui fungsinya apa.

3. Pikir dua kali sebelum belanja di Duty Free
Duty Free atau area bebas pajak yang biasa ada di bandara-bandara besar di dunia, memang menjadi surga belanja yang diincar para pelancong. Tapi hati-hati, jika Anda menemukan benda yang diinginkan, perkirakan dulu harganya lebih murah atau lebih mahal dari tanah air. Pastikan juga Anda mengenal jenis barang yang akan dibeli, karena banyak pelancong yang terdorong emosi saat membeli barang-barang dari Duty Free.

4. Kirimkan oleh-oleh melalui pos
Bila barang-barang Anda sudah tidak muat lagi masuk kedalam tas bagasi, mengirim barang melalui pos juga menjadi salah satu pilihan bagus untuk dicoba. Daripada harus membayar tambahan bagasi, pisahkan barang-barang yang dapat dikirim melalui pos, seperti barang-barang besar dan memakan tempat, dan pastika terkirim ke kota Anda dengan selamat. Selain lebih murah, keamanan juga lebih terjamin.

5. Jangan sampai belanja menghabiskan waktu liburan
Berbelanja tentu menghabiskan tiap jam waktu Anda, padahal di waktu yang sama, banyak tempat yang bisa dikunjungi sekaligus. Untuk itu, atur waktu belanja Anda dengan baik agar tidak terlalu banyak membeli barang dan nikmati liburan berkesan di negara yang dikunjungi.

Artikel Selanjutnya
Rumah Masih Sewa? Begini Caranya Agar Cepat Punya Rumah!
Artikel Selanjutnya
Gajian Masih Lama, Ini 6 Cara Atur Keuangan Saat Tanggal Tua