Sukses

Tiadakan Mobil Diesel, 4 Kota Besar Ini Akan Bebas Polusi Udara

Liputan6.com, Jakarta Ingin liburan ke kota besar dunia, namun tidak kuat menghadapi polusi udara yang menyelimutinya? Tenang saja, empat kota besar dunia ini memutuskan untuk meniadakan mobil diesel sehingga udara lebih segar dan tentunya ramah dikunjungi oleh pelancong. Seperti dilansir dari inhabitat.com, Jumat (9/12/2016), inilah kota-kota yang hentikan penggunaan mobil diesel.

Kota Meksiko, Paris, Madrid, dan Athena berencana untuk menghentikan penggunaan mobil diesel pada tahun 2025, setelah menghadiri C40 Mayors Summit yang diadakan di Kota Meksiko. Selain melarang mobil diesel, mereka juga meminta para perusahaan mobil untuk mengambil aksi nyata seperti menyediakan insentif dalam bentuk pedestrian, jalur sepeda dan berbagai kendaraan alternatif tanpa diesel.

Tentunya keputusan ini sangatlah bermanfaat bagi kota-kota tersebut, karena polusi udara saja sudah mengakibatkan tiga juta kematian setiap tahunnya menurut WHO, dengan jumlah terbesar di perkotaan. Keputusan ini juga diharapkan mampu mengurangi kadar karbon dioksida, nitrogen dioksida dan memperbaiki kualitas udara yang ada di daerah urban.

Kota Meksiko, pada saat ini saja sudah melarang lebih dari satu juta mobil karena krisis polusi udara yang sangat besar. Konsekuensinya adalah Kota Meksiko harus menambah jumlah armada kereta bawah tanah dan memperpanjang jalurnya. Demikian juga dengan bus kota yang harus ditambah jumlahnya, sehingga penggunaan kendaraan umum lebih diminati masyarakat. Jalur sepeda juga akan ditambah infrastrukturnya di Kota Meksiko sehingga makin nyaman dikunjungi oleh wisatawan.

Artikel Selanjutnya
Dalam 8 Tahun, Kendaraan dengan BBM Segera Tergusur
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Beijing Buang 180 Ribu Mobil