Sukses

Keliling Jepang dan Asean Gratis? Ikut Pertukaran Pemuda Ini

Liputan6.com, Jakarta Banyak pemuda yang belum tahu, bahwa banyak sekali program pertukaran pemuda internasional yang gratis dan bisa membawanya keliling dunia. Salah satunya adalah program Ship for Southeast Asian and Japanese Youth Program yang biasanya disingkat SSEAYP yang ada tiap tahunnya. Program ini ternyata sudah berjalan selama 43 tahun sejak 1974 dan telah banyak menghasilkan alumni yang luar biasa. Salah satunya Wakil Menteri Luar Negeri RI, Dr.A.H Fachir, yang merupakan alumni SSEAYP tahun 1978.

“Seleksinya sendiri cukup banyak, ada tiga tahapan dari tingkat provinsi. Setelah dipilih pun kita belum bisa disebut peserta, hanya bisa disebut calon peserta, karena belum dikukuhkan” ujar Naluri Bella, alumnus SSEAYP tahun 2013 dari Jawa Barat.

Salah satu keunikan dari program SSEAYP adalah banyaknya kegiatan yang dilaksanakan di atas kapal yang bernama Nippon Maru. Para peserta yang sudah berkumpul dari 11 negara Asean dan Jepang, dikumpulkan di Tokyo sebagai titik start setiap tahunnya. Kemudian berlayar menuju negara-negara Asean selama tiga bulan penuh untuk meningkatkan persahabatan dan pengertian bersama antar pemuda.

Untuk tahun 2016, negara-negara yang dikunjungi adalah Vietnam, Thailand, Kamboja, Singapura dan Indonesia. Negara-negara ini akan terus berubah setiap tahunnya, bahkan Indonesia biasanya hanya dikunjungi dua tahun sekali. Tahun 2012, kapal Nippon Maru berlabuh di Jakarta, dan tahun 2014 berlabuh di Surabaya.

Seluruh biaya untuk keberangkatan para peserta SSEAYP ini ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Jepang sebagai sponsor utama dan pemerintah negara-negara di Asean. Bila Anda merupakan pemuda, dibawah umur 30 tahun dan mampu memberikan yang terbaik atas nama bangsa, maka mengikuti seleksi SSEYAP yang biasanya diadakan awal tahun di Dinas Pemuda dan Olahraga di setiap provinsi, menjadi hal yang patut dicoba.