Sukses

Wanita Harus Traveling Sendirian Minimal Sekali Seumur Hidup

Ada delapan alasan yang membuat para wanita memutuskan untuk traveling sendirian minimal sekali seumur hidup

 

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah terbesit di pikiran Anda untuk melakukan solo traveling ke suatu tempat? Jika Anda penggemar film Eat, Pray, Love, sosok Liz pada film tersebut mengingatkan kita pada sosok wanita yang menemukan jati diri dari perjalanan yang dilakukannya.

Tapi kebanyakan wanita tidak memiliki keberanian yang cukup untuk solo traveling. Rasa takut dan merasa asing di suatu tempat seringkali menjadi faktor penghalang untuk melakukan perjalanan tanpa adanya orang lain.

Melansir dari Myfatpocket, Rabu (7/12/16), ada delapan alasan mengapa wanita perlu traveling sendirian minimal satu kali seumur hidup.

1. Pribadi yang Mandiri
Solo travel merupakan sebuah pengalaman besar dan luar biasa bagi diri sendiri. Dengan tidak adanya orang lain untuk diandalkan, maka Anda akan berusaha untuk survive. Seperti menggunakan kemampuan sendiri untuk memecahkan permasalahan ketika mengalami situasi yang buruk. Hal ini merupakan sebuah pengalaman yang tidak pernah didapatkan dari program management trainee mana pun. Anda akan menemukan pribadi yang mandiri pada diri sendiri.

2. Imajinasi akan Melambung Tinggi
Setelah dewasa, kebanyakan kita kehilangan imajinasi dan kreativitas bertualang layaknya masa kecil. Solo travel adalah kesempatan baik untuk melangkah dari zona aman dan kembali menemukan dunia luar dengan pikiran terbuka sambil menikmati pemandangan baru dan bertemu dengan orang-orang baru.

3. Penyembuhan
Jika Anda sedang menghadapi permasalahan yang cukup berat, apakah itu putus cinta, melarikan diri dari pekerjaan atau mengalami kerugian, sebaikanya manfaatkan waktu cuti panjang untuk solo travel. Perjalanan ini akan menjadi terapi yang baik untuk meninggalkan semua permasalahan meski cuma untuk sementara waktu dan bepergian ke mana pun yang Anda inginkan.

4. Membuka Mata
Mungkin bukan hal baru bagi Anda untuk bepergian, tetapi jika melakukannya sendiri akan menjadi hal yang menarik dan memicu adrenalin. Anda bisa melihat, mencium, mendengar, dan menikmati pemandangan tanpa ada gangguan. Anda juga bisa mengeksplorasi tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wanita Harus Traveling Sendirian Minimal Sekali Seumur Hidup

5. Anda akan Lebih Menghargai Hal-hal Kecil
Tanpa disadari, mungkin Anda sering mengeluh terhadap kehidupan. Dengan pengalaman solo travel, Anda dapat belajar untuk menghargai kehidupan yang dimiliki. Ketika kesepian, Anda akan menghargai keberadaan seorang teman dan keluarga. Ketika sendiri dan terjebak hujan di luar sana, Anda mungkin menyadari betapa beruntungnya Anda masih memiliki rumah sebagai tempat untuk berteduh.

6. Bertemu dengan Orang-orang Baru
Melakukan perjalanan ke suatu tempat asing mungkin akan kedengaran menakutkan. Tapi percayalah, dengan solo travel Anda akan bertemu orang-orang baru dengan beragam suku, ras, dan agama. Hal ini akan menjadi pengalaman yang menakjubkan ketika Anda berusaha untuk berkomunikasi dengan mereka dan memahami budaya mereka.

7. Anda akan Merasakan Kebebasan
Ini merupakan sebuah ide yang menyenangkan, Anda dapat melakukan perjalanan tanpa ada tekanan, gangguan, dan aturan dari orang lain. Anda bebas menentukan segala sesuatu sesuai dengan keinginan sendiri. Misalkan saja jika tersesat, hal ini bukanlah menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan melainkan sebagai petualangan. Anda bisa mengontrol waktu tanpa harus menunggu orang lain dan bisa mengunjungi berbagai tempat tanpa peduli dan mengikuti keinginan orang lain.

8. Anda akan Belajar
Tidak bisa dipungkiri, melakukan perjalanan seorang diri memiliki risiko yang cukup besar. Ketika sesuatu berjalan tidak sesuai dengan yang diinginkan, maka Anda harus menghadapi kesulitan itu sendiri. Tetapi semua itu adalah bagian dari proses pembelajaran. Yang paling penting, Anda akan belajar banyak tentang budaya dan kehidupan yang belum pernah ditemui sebelumnya.

Latifah Gusri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.