Sukses

Bukan Tiket Pesawat yang Harus Anda Pesan Sebelum ke Banda Neira

Anda yang mau ke Banda Neira, disarankan untuk lebih dulu memesan tiket kapal cepat Express Bahari. Baru setelah itu tiket pesawat.

Liputan6.com, Jakarta Kota Banda Neira di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, menyimpan banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

Anda yang menyukai wisata laut bisa diving dan snorkeling di Banda Neira, Pulau Hatta, Pulau Sjahrir, Pulau Rhun, atau Pulau Nailaka. Anda juga bisa menikmati keindahan Banda Neira dari Puncak Gunung Api di Kepulauan Gunung Api.

Anda juga bisa melakukan wisata sejarah dengan mengunjungi Rumah Budaya Banda Neira, menikmati udara segar di sore hari dari atas Benteng Belgica, dan mengunjungi rumah-rumah milik sejumlah tokoh yang pernah diasingkan di Banda Neira.

Dijamin, tidak bakal menyesal sepulangnya Anda dan keluarga sehabis berlibur di Kota Banda Neira. Justru yang muncul adalah rasa untuk bisa kembali menginjakkan kaki di sebuah kota kecil nan indah, yang pernah dijadikan pusat perdagangan pala oleh Belanda pada pertengahan abad ke-19.

Namun, Anda butuh sedikit "berjuang" untuk bisa menikmati itu semua. Tak lain karena masalah transportasi ke Banda Neira yang jumlahnya tidak banyak. Setelah melalui jalan udara selama tiga jam 30 menit, Anda masih harus melanjutkan perjalanan menggunakan kapal cepat yang memakan waktu selama enam sampai tujuh jam.

Beginilah Dalamnya Kapal Cepat Express Bahari yang Akan Membawa Kamu dari Pelabuhan Tulehu, Ambon, ke Banda Neira (Foto: ADIITOO.com)

Kondisi itu diaminkan Hamdi, putra asli Kepulauan Banda. Kami berkenalan dengan pria yang sekilas mirip the man behind the show Jakarta Fashion Week, Edwan Handoko, di Pelabuhan Tulehu.

Sosok yang kami panggil dengan sebutan abang yang saat ini menjadi kontributor tetap di salah satu media besar di Indonesia adalah tour guide selama di Banda Neira.

"Satu-satunya kendala untuk bisa ke Banda Neira ini ada di transportasi. Kalau saja mudah, mungkin sudah banyak orang kita yang ke sana, tidak lagi didominasi turis dari Eropa," kata Hamdi.

Maskapai yang melayani rute dari Jakarta ke Ambon bisa dihitung dengan jari. Kalau Anda tak mau repot-repot untuk transit tapi tetap merasa nyaman, kami sarankan untuk menggunakan Batik yang terbang pada pukul 00.30 WIB.

Tiket untuk Kelas Ekonomi Express Bahari Dibandrol dengan Harga Rp410 ribu. Kursi yang Cukup Nyaman Meski Rada Sempit, Teve yang Selalu Menyala dengan Film-film yang berasal dari DVD Bajakan, dan Pendingin yang Bekerja Cukup Maksimal (Foto: ADIITOO.com)

Begitu sampai di bandara Pattimura, Ambon, tepat pukul 06.00 WITA, Anda masih bisa mengejar kapal cepat Express Bahari yang berangkat setiap pukul 09.30 WITA.

"Express Bahari ini beroperasi hanya dua kali dalam seminggu. Jadi, kita harus tahu hari apa saja Express Bahari beroperasi," kata Hamdi menambahkan.

Jadwal kapal cepat dengan harga tiket Rp410 ribu untuk satu kali jalan hanya ada dua kali dalam seminggu. Calon turis bisa menghubungi nomor 081343292900 guna mencari tahu semua info mengenai kapal cepat ke Banda Neira. Baru setelah itu mencari tiket pesawat ke Ambon agar pas dengan jadwal keberangkatan kapal.

Bosan Selama Enam Jam Berada di Dalam Kapal? Anda Bisa Duduk di Bagian Luar Kapal, Sambil Melihat Hamparan Laut Banda dengan Air Berwarna Biru, yang Tentunya Menyegarkan Kedua Mata (Foto: ADIITOO.com)

“Kalau sampai ketinggalan kapal ke Banda Neira, pilihannya hanya ada, sewa speed boat atau keliling Ambon saja kemudian pulang ke Jakarta,” ujar Hamdi. Kalian harus tahu, harga sewa speed boat ke Banda Neira tidak murah. Sekitar Rp2,5 juta sampai Rp4 juta, tapi waktu tempuh lebih cepat empat jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini