Sukses

Waspadai Uban di Usia 20-an, Bisa Jadi Anda Miliki Gangguan Ini

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang akan menemui rambut putih atau uban pertama mereka pada usia 30-an. Tapi percayakah Anda jika uban bisa saja muncul di usia 20-an?

Etnis Afrika dan Amerika akan mengalami perubahan warna rambut lebih awal ketimbang etnis lain. Akan tetapi, beberapa penyebab tumbuhnya uban tidak hanya karena faktor etnis ataugen Anda.

Jika uban muncul di usia 20-an, berarti Anda mulai kehilangan pigmen lebih awal dibandingkan dengan orang lain yang bisa dipicu oleh faktor lingkungan dan gaya hidup.

Marie Jhin, Direktur Premier Dermatology San Francisco, seperti melansir dari Health, Kamis (8/12/16), mengeksplorasi alasan mengejutkan uban bisa muncul pada usia 20-an.

Stres Berat
Para Ahli sering memperdebatkan hubungan antara stres dengan pertumbuhan rambut. Tetapi pada tahun 2013, sebuah penelitian di New York University yang diterbitkan Nature Medicine menemukan stres berat dapat menyebabkan penipisan sel induk pada folikel bulu tikus.

Menurut Jhin, mungkin tidak ada teori ilmiah yang menunjukkan dampak stres terhadap pertumbuhan rambut. Tetapi bisa dilihat orang-orang yang memiliki tingkat stres yang berat maka akan terlihat lebih tua dan warna rambut mereka akan berubah.

1 dari 4 halaman

Memiliki Kondisi Medis


Pada kasus lain, pertumbuhan uban pada usia dini bisa dipicu oleh masalah kesehatan seperti penyakit tiroid atau masalah kelenjar hipofisis. Penyakit autoimun yang menyerang kulit dan rambut seperti alopecia atau vitiligo juga dapat menyababkan pertumbuhan uban. Menurut Jhin, Autoimun berarti sel-sel yang ada pada tubuh akan menyerang tubuh Anda sendiri. Jadi, jika tubuh Anda menyerang sel-sel rambut maka sebagai hasilnya uban akan muncul karena perubahan warna pada rambut.

2 dari 4 halaman

Kekurangan Vitamin


Kemungkinan lain mengapa uban bisa muncul lebih cepat adalah kekurangan vitamin B12. Menurut Dr Jhin, ada beberapa faktor yang menempatkan Anda berada pada risiko yang lebih besar terhadap munculnya uban. Seperti seorang vegan atau vegetarian dan meminum pil KB.

Tetapi jika uban muncul pada usia lebih dini yaitu 20-an, disebabkan oleh kekurangan vitamin B12. Kemungkinan besar Anda mengidap anemia pernisiosa, di mana terdapat penurunan sel darah merah yang disebabkan ketidakmampuan usus menyerap vitamin B12 secara cukup.

3 dari 4 halaman

Merokok


Merokok merupakan hal terburuk yang Anda berikan pada kulit dan rambut. Menurut Dr Jhin, beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara merokok dan timbulnya uban sebelum usia 30 tahun. Pada perokok berat, akan mempercepat munculnya kerutan pada kulit wajah dan kepala. Karena rokok akan mempengaruhi folikel pada tubuh.

Dr Jhin menyimpulkan bahwa faktor terbesar pertumbuhan uban pada usia dini adalah gen Anda. Tetapi jika melihat tanda-tanda tersebut sementara tidak dengan keluarga Anda, maka bisa memeriksakan ke dokter apakah Anda tidak memiliki anemia, tiroid dan tingkat vitamin dalam keadaan baik.

Latifah Gusri

Artikel Selanjutnya
Makin Banyak Uban pada Pria, Tanda Penyakit?
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati, Makanan Ini Bisa Buat Anda Terlihat Lebih Tua