Sukses

7 Kebiasaan Efektif yang Mampu Menguatkan Pernikahan

Memiliki kebiasaan yang dilakukan setiap hari bersama pasangan adalah salah satu rahasia untuk menjaga kemesraan perkawinan.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kebiasaan yang dilakukan setiap hari bersama pasangan adalah salah satu rahasia untuk menjaga kemesraan pernikahan. Jika Anda ingin hubungan tetap awet, punya kebiasaan harian adalah cara mudah untuk menguatkan ikatan cinta. Berikut adalah tujuh kebiasaan efektif yang bisa menguatkan pernikahan seperti dilansir dari femalenetwork.com, Senin (5/12/2016).

Berpelukan dan berciuman selama 30 detik
Kim Blackham, seorang terapis pernikahan, berkata bahwa kebanyakan pelukan dan ciuman yang dilakukan para pasangan suami istri berlangsung dengan cepat tanpa disertai perasaan. Hal tersebut membuat mereka kehilangan "chemistry" satu sama lain. Blackham mengungkapkan bahwa pelukan dan ciuman menyebabkan tubuh melepaskan oxytocin, yaitu senyawa kimia yang secara emosional bisa merekatkan pasangan. Peluk dan ciumlah pasangan Anda tanpa terburu-buru karena hal itu bisa merekatkan hubungan pernikahan.

Berjalan-jalan bersama
Cara paling mudah dan sederhana untuk lebih mendekatkan diri dengan pasangan adalah berjalan-jalan bersama. Sediakan waktu hanya berdua saja dengan pasangan. Tidak perlu repot-repot pergi melancong ke tempat wisata, Anda bisa menikmati udara segar sambil jogging di kompleks atau pergi berbelanja berdua.

Lakukan kebaikan kecil setiap hari
Ekspresi cinta tidak harus butuh uang atau dengan barang mahal. Anda bisa tunjukkan rasa cinta Anda dengan cara-cara sederhana seperti membuat secangkir teh di pagi hari. Hal kecil tersebut ternyata bisa membuat pasangan merasa dihargai. Dan perasaan tersebut dapat "menyalakan" cinta dalam pernikahan.

Mengenang momen pertama bertemu
Lakukan semacam napak tilas bagaimana Anda bertemu dengan pasangan. Ajak pasangan pergi ke tempat di mana kalian pertama kali bertemu, pandangi foto-foto lama yang memuat kenangan berdua, menonton film di hari peringatan kencan pertama, atau apapun yang bisa mengingatkan kalian berdua pada momen indah tersebut. Bernostagia bersama-sama mampu memercikkan kembali api cinta dalam pernikahan.

Sering-sering memuji
Anda bisa memuji pasangan saat dia tampil menarik, melakukan pekerjaannya dengan baik, atau mencapai kesuksesan dalam hidupnya. Pujian mampu menghangatkan sebuah hubungan. Maka pujilah pasangan suami atau istri Anda dengan tulus.

Batasi penggunaan gawai saat bersama
Teknologi bisa merusak hubungan karena jika Anda sangat fokus pada gawai, Anda akan melewatkan waktu bersama yang berkualitas. Batasi penggunaan gawai saat bersama pasangan. Anda bisa membuat peraturan bersama semisal mematikan ponsel menjelang tidur, dan lain-lain.

Ucapkan “I Love You” sebelum tidur
Jadikan hal tersebut menjadi kebiasaan. Tiga kata tersebut bisa membuat pasangan merasa yakin akan perasaan Anda. Hal tersebut akan memberi kekuatan bagi Anda berdua dalam menjalani hari-hari bersama.

(Ana Fauziyah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.