Sukses

Lezatnya Semangkuk Mi Andalan dari Belitung

Salah satu kuliner khas di Belitung adalah mi belitung, yuk coba kedai Mie Belitung Atep ketika mengunjungi Tanjung Pandan.

Liputan6.com, Jakarta Pulau Belitung tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang mengundang decak kagum banyak orang. Keragaman kulinernya pun terbilang cukup unik dan menggugah selera. Salah satu kuliner khas daerah ini adalah mi belitung, yang Good Indonesian Food temukan di kedai Mie Belitung Atep ketika mengunjungi Tanjung Pandan.

Mengingat kedekatan Pulau Bangka dan Pulau Belitung, baik secara geografis maupun budayanya, Good Indonesian Food berasumsi bahwa bentuk hidangan ini pun akan memiliki karakteristik yang serupa dengan makanan khas tetangganya, yaitu mi bangka. Kenyataannya, kedua hidangan tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan, mulai dari isi racikannya hingga cara penyajiannya.

Nama mi belitung sendiri memang sudah cukup tersohor. Bahkan, gaungnya pun cukup akrab di telinga turis-turis domestik dari Jakarta dan berbagai daerah lain di Pulau Jawa. Bila Anda bertandang ke warung ini, Anda akan melihat dinding ruangannya yang sederhana dihiasi banyak foto selebriti ibu kota yang pernah singgah.

Letaknya yang strategis tepat di jantung kota Tanjung Pandan, menjadi salah satu alasan Mie Belitung Atep selalu disesaki pelanggan setiap hari. Namun, ramainya pengunjung tidak mengganggu ritme pelayanan mereka. Pesanan mi belitung disajikan dengan cepat, tidak lebih dari lima menit.

Mi belitung adalah mi kuning yang disajikan dengan kuah yang agak manis, kentang, potongan kekian, udang goreng, mentimun, dan taoge. Dengan tambahan kerupuk emping, santapan berkuah ini terasa lebih nikmat.

Kekuatan hidangan ini terletak di udang-udang kecilnya yang digoreng kering, yang memberikan sentuhan tekstur renyah dan rasa gurih. Mi yang disajikan di sini diolah sendiri, dan menawarkan tingkat kelembutan dan kekenyalan yang seimbang. Komposisi yang nyaris sempurna yang dijamin membuat Anda ketagihan.

Temukan restoran Indonesia lainnya yang patut Anda kunjungi di sini 

Jl. Sriwijaya No. 27,
TanjungPandan
T: 0719 21464
Buka setiap hari, pukul 08.00 – 20.00 WIB
Rp20.000/US$1,50 per orang

Good Indonesian Food

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini