Sukses

6 Resep Mudah Menjadi Bahagia dalam Sekejap

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang bisa sangat mudah merasa bahagia. Mereka selalu tampak tersenyum, bergembira, dan mudah melupakan masa lalu yang traumatis. Ternyata ada trik menjaga perasaan positif tersebut dalam diri kita. Para ahli membuktikan beberapa cara yang telah terbukti secara ilmiah dapat memunculkan perasaan senang, gembira, dan bahagia secara mudah dalam waktu singkat.

Berikut adalah enam resep kebahagian seperti dilansir dari laman health.com, Rabu (7/12/2016).

Taruh bunga segar di ruangan
Sebuah tim peneliti dari Univesitas Harvard menemukan bahwa bunga asli dan segar yang diletakkan di dalam rumah mampu mencegah rasa gelisah dan khawatir. Keberadaan bunga di ruangan kita bisa menghilangkan mood negatif. Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa mereka yang menaruh bunga segar dalam rumah mengaku merasa lebih antusias dan bersemangat dalam bekerja. Bunga segar juga bisa membangkitkan perasaan sayang antar sesama penghuni rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mencium wangi jeruk

Mencium wangi jeruk
Bau jeruk mampu memunculkan reaksi kimia yang positif di otak kita. Reaksi tersebut membuat stres berkurang. Jika Anda ingin merasa bersemangat, hiruplah beberapa tetes minyak esensial jeruk. Anda bisa juga mencampur bau jeruk dengan bau bunga-bungaan seperti bunga melati.

Berolahraga
Berolahraga bisa membuat darah mengalirkan endorphin ke seluruh tubuh, dan hal itu menciptakan perasaan bahagia serta mengusir bad mood. Penelitian telah membuktikan bahwa setiap gerakan fisik seperti berlari, bersepeda, yoga, menari, dan gerakan lain yang bisa membuat kita mengeluarkan keringat bisa membantu meringankan gejala depresi.

3 dari 3 halaman

Konsumsi banyak sayuran hijau

Konsumsi banyak sayuran hijau
Sayuran berwarna gelap, utamanya berwarna hijau seperti bayam dan kangkung kaya akan folat. Kandungan folat dipercaya memiliki fungsi menurunkan depresi karena membantu memproduksi dopamine dalam otak. Sebuah studi dilakukan pada tahun 2012 menyebutkan bahwa orang berusia paruh baya yang mengonsumsi banyak folat mempunyai risiko lebih rendah terserang gejala depresi daripada mereka yang mengkonsumsi folat dalam jumlah sedikit.

Keluar rumah
Jika Anda mulai merasa down, cobalah untuk keluar ruangan dan berdiri di bawah sinar matahari selama 20 sampai dengan 25 menit. Tubuh manusia akan memproduksi vitamin D ketika terpapar sinar matahari. Dan penelitian menyebutkan bahwa orang yang kekurangan jenis vitamin ini lebih mudah merasa depresi, cemas, dan lelah.

Tersenyum
Terakhir, hal yang paling mudah yang bisa kita lakukan untuk merasa bahagia adalah tersenyum. Tersenyum bukan hanya reaksi saat Anda merasa bahagia, tapi menurut penelitian tersenyum bisa memunculkan perasaan senang saat kita sedih. Jika Anda merasa cemas, sedih, atau kesal, paksalah bibir Anda menarik senyum. Hal itu akan mengaktifkan pusat bahagia dalam otak dan menciptakan mood bagus dalam waktu singkat.

(Ana Fauziyah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.