Sukses

5 Ancaman Menjijikan Saat Malas Ganti Sprei Kasur

Liputan6.com, Jakarta Mengganti sprei kasur mungkin menjadi kegiatan yang malas untuk dilakukan. Namun, bagaimana pun Anda harus rutin melakukannya.

Sebab, jika tidak ini hal-hal menjijikan akan terjadi saat Anda tidak rajin mengganti sprei kasur. Dilansir dari Cosmopolitan, Kamis (8/12/2016), dampak tak rutin mengganti sprei mungkin akan cukup serius mengancam kesehatan dan kecantikan Anda.

1. Jerawat
Tidur dengan makeup adalah hal yang sangat tidak disarankan. Namun tahukah Anda jika melakukan ini berturut-turut, makeup akan menempel pada sprei dan dapat mengakibatkan dampak buruk pada wajah Anda. Tanda-tanda penuaan, inflamasi, dan infeksi dapat terjadi pada kulit Anda.

2. Iritasi kulit dan ruam
Selain memicu bakteri, sprei kotor juga dapat menyebabkan iritasi kulit. Sebab, sisa-sisa produk yang Anda kenakan akan menempel di sprei dan memicu gejala-gejala ini. Risiko ini akan semakin besar bila Anda memiliki bakat alergi.

3. Infeksi jamur atau bakteri
Sprei yang kotor adalah surga bagi jamur dan bakteri untuk bertumbuh. Sehingga bukannya tidak mungkin Anda yang tidur di atasnya mengalami infeksi ini. Infeksi bisa terjadi di kulit bahkan bisa juga menyebabkan infeksi tubuh bagian dalam.

4. Kutu busuk
Pernahkah Anda merasa gatal-gatal saat tidur di kasur yang lama tak diganti spreinya? Ini kemungkinan besar adalah ulah kutu busuk yang tidak terlihat dengan mata telanjang. Mereka bisa berkembang biak dengan cepat di sprei kasur yang kotor.

5. Alergi
Ini mungkin tidak lagi mengagetkan, terutama jika Anda memang memiliki bakat alergi. Bakteri dan jamur tentu menambah buruk reaksinya pada tubuh Anda.