Sukses

Ini Penyebab Bawang Merah Membuat Anda Menangis

Mengapa mengiris atau memotong bawang merah menyebabkan mata berair bahkan sampai menangis?

Liputan6.com, Jakarta Bawang merah memang penambah rasa yang nikmat. Masakan tanpa bubuhan bawang merah tentunya tidak akan senikmat jika diberi tambahan bawang merah. Di balik rasanya yang nikmat, Anda pasti setuju bahwa bawang merah dapat membuat mata Anda berair bahkan menangis ketika sedang mengupas kulitnya atau memotongnya menjadi irisan-irisan kecil. Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa bawang merah dapat membuat Anda menangis? Dilansir dari mashed.com, Selasa (6/12/2016) inilah jawabannya.

Bawang merah merupakan kerabat dekat sejenis dengan bawang putih. Mereka merupakan tanaman dari famili allium. Ketika bawang tumbuh, salah satu hal yang diserap dari tanah adalah sulfur. Mereka mengubah sulfur mentah menjadi asam amino yang disebut sulfoxide. Sulfoxide memiliki karakteristik bereaksi dengan lingkungan untuk membentuk gas. Mengiris bawang merah, berarti Anda tentu saja memotong individu dan sel bawang mikroskopis. Saat Anda memotong bawang, sulfoksida bereaksi untuk membentuk gas yang memutar disebut syn-propanethial-s-oksida. Reseptor di mata Anda mengenali adanya gas asing, dan berkomunikasi dengan otak Anda yang mengakibatkan air mata mengalir untuk membantu melindungi mata Anda dari senyawa ini.

Senyawa gas tersebut hanya dilepaskan ketika Anda memotong bawang merah. Dalam proses memasak, semua senyawa gas tersebut hilang. Setelah bawang dipanaskan, molekul yang membentuk gas itu memberikan aroma sedap pada masakan serta memberikan rasa pada masakan tersebut.

(Odilia Hana Santoso)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini