Sukses

5 Cara Ubah Hobi Jadi Bisnis

Liputan6.com, Jakarta Sebuah pepatah terkenal mengatakan, “Lakukan yang Anda sukai dan sukai yang Anda lakukan!”. Sayangnya, banyak orang yang bekerja tidak sesuai dengan passion yang dimilikinya. Akibatnya, pekerjaan akan terasa lebih berat. Dilansir dari laman magforwomen.com, Senin, (5/12/2016), berikut adalah 5 cara menjadikan hobi Anda sebagai bisnis:

1. Berbagi Ilmu dengan Orang Lain
Dengan membagikan ilmu yang Anda miliki kepada orang lain, otomatis Anda akan menjadi lebih pandai dan ahli dalam hal tersebut. Jika hobi Anda adalah melukis, Anda bisa mulai membuka kelas lukis. Jika hobi Anda bermain piano, Anda bisa mulai membuka kelas piano. Apapun hobi Anda yang berkaitan dengan keahlian, Anda dapat mengubahnya menjadi  dengan cara mengajar orang lain.

2. Jual Karya Anda
Barang atau produk yang akan dijual dapat Anda hasilkan melalui hobi Anda. Jika Anda bukan termasuk orang yang suka mengajar, Anda dapat menghasilkan uang dengan cara menjual hasil karya dari hobi Anda. Misalnya Anda suka merajut dan Anda bisa menjual hasil rajutan Anda.

3. Perluas Wawasan Anda
Jangan berhenti pada satu pencapaian saja, melainkan Anda harus terus memperluas wawasan Anda. Dengan kata lain, Anda dapat menjadikan peluang apapun yang ada sebagai bisnis dari hobi Anda. Misalnya, jika Anda hobi fotografi, maka jangan hanya puas dan berhenti ketika Anda sudah menjadi seorang fotografer profesional, melainkan Anda dapat menjual foto-foto Anda, melkukan pameran foto, membuka galeri foto, atau membuat kaos bergambar dari hasil foto Anda lalu menjualnya.

4. Lakukan Promosi
Anda dapat membuat akun sosial media dan mempromosikan bisnis Anda di sana. Selain sebagai sarana promosi, Anda juga dapat melihat feedback dari orang lain tentang bisnis Anda sehingga Anda akan selalu bersemangat untuk memperbaiki diri.

5. Utamakan Keseriusan
Ketika Anda memutuskan untuk menjadikan hobi Anda sebagai bisnis, maka Anda harus menyediakan lebih banyak modal, waktu dan tenaga dari sebelumnya. Ada tanggung jawab yang lebih daripada saat hal tersebut masih menjadi hobi Anda. Lakukanlah dengan segenap hati, maka hasilnya diharapkan akan menjadi maksimal.

(Odilia Hana Santoso)

Artikel Selanjutnya
Moms, Mau Resign dan Jadi Pengusaha? Miliki 6 Hal Ini Dulu
Artikel Selanjutnya
Jenuh Jadi Karyawan, 2 Pria Banting Setir Jadi Pengusaha Camilan