Sukses

Terapkan 6 Teknik Efektif Supaya Blog Anda Tampil Beda

Liputan6.com, Jakarta Suka menulis di blog? Selain menjadi ajang curhat, blog juga menjadi sebuah media untuk menunjukkan kemampuan dan membagikan pengalaman Anda kepada orang banyak. Ternyata, mengelola blog memang tidak mudah dan memiliki trik-trik khusus untuk tetap ramai pengunjung dan aktivitas didalamnya. Seperti yang dirilis dari lifehack.org, Senin (5/12/2016), inilah 6 teknik efektif supaya blog Anda tampil beda.

Kenali target pembaca
Jika Anda ingin ada orang yang terus beraktivitas saat Anda mengeluarkan tulisan terbaru, maka perhatikan target pembaca. Cara ini bisa dilakukan dengan membuat konten blog yang fokus dengan kesukaan Anda, atau kebutuhan pembaca. Banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, seperti pendidikan, umur, hobi, agama, dan lainnya.

Konten blog yang unik
Daripada sibuk untuk mencari tema-tema yang sudah umum dibahas, lebih baik Anda mengisi blog dengan tulisan yang unik. Contoh paling sederhana adalah memberikan informasi ekslusif, opini Anda mengenai sebuah masalah atau fenomena yang terjadi, hingga fakta-fakta unik yang Anda buat sendiri. Dengan konten unik seperti ini, dijamin blog Anda akan mampu menjadi perhatian pembaca

Isi blog secara berkala
Memberikan tulisan secara berkala dapat membantu Anda mengembangkan pembaca yang menjadi penggemar setia. Tak hanya itu, sebagai blogger topik konten yang Anda garap juga harus bisa dinamis, sesuai dengan kebutuhan pembaca sehingga mereka bisa mendapatkan informasi baru dari Anda. Jika terlalu sulit, maka usahakan Anda menjadi salah seorang penulis yang konsisten membahas topik yang dikuasai. Salah satu langkahnya adalah, sebarkan informasi penting dari topik kesukaan Anda dan jadilah yang pertama.

Buat hubungan interaktif
Anda akan meraih banyak pengguna blog jika para pembaca disediakan ruang untuk berkomunikasi dua arah. Bila perlu, sediakan tombol share untuk mempermudah mereka membagikan informasi yang telah Anda buat. Terima berbagai saran dan kritik, dan komentar yang datang dan bangun hubungan hangat yang dapat membuat para pembaca betah di blog Anda.

Selalu promosikan blog Anda
Untuk mendapatkan banyak pembaca, jangan sungkan untuk promosikan blog Anda di berbagai media sosial yang dimiliki. Perhatikan juga waktu-waktunya, jangan sampai para calon pembaca jengah dengan promosi yang Anda berikan di sosial media. Usahakan promosi yang dilakukan sesuai dengan tempatnya, sehingga mereka tertarik melihat lebih jauh.

Desain blog secara profesional
Penampilan blog yang menarik juga menjadi nilai tambah yang besar bagi pengunjung. Mereka akan mudah membaca di blog yang memiliki konten menarik dan desain yang menyejukkan mata. Hindari memakai terlalu banyak warna dan jenis huruf, lebih baik tentukan satu atau dua jenis warna dan huruf sehingga pembaca dapat berselancar dalam blog dengan mudah. Cek kembali tulisan yang sudah dimasukkan, sehingga tidak ada kesalahan terjadi saat ditayangkan.

Artikel Selanjutnya
3 Alasan untuk Mempelajari Fotografi
Artikel Selanjutnya
Cara Memperbaiki Alis yang Berantakan, Terlalu Tebal, dan Tipis