Sukses

Pesan Emosional Sutradara Peraih Oscar Bagi Sineas Muda

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang filmmaker memang butuh banyak pembelajaran dan eksplorasi. Mulai dari pendalaman cerita, alur, hingga kedekatan dengan penontonnya. Untuk itu, Nicholas Reed, atau biasa dikenal sebagai Nick Reed, memberikan beberapa hal yang sangat penting untuk para sutradara dokumenter.

Melalui wawancara email dengan Liputan6.com, Nick Reed, produser film dokumenter peraih piala Oscar ini menekankan hal penting bagi para sineas muda dalam menciptakan karyanya. Nick menceritakan hal yang dapat meningkatkan kreativitas para sineas adalah dengan cara memperhatikan dengan seksama apa yang menjadi minat penonton. Baik dari topik yang hangat dibicarakan, buku yang sedang laku di pasaran, hingga perubahan budaya di sektor pendidikan.

Topik yang berkaitan dengan politik dan musik juga menjadi hal yang bisa diperhatikan untuk menjadi bahan film. Kenali juga suasana hati dan emosi dari lingkungan Anda, seperti keadaan yang sulit, orang yang suka komedi, dan sebagainya. Banyak memperhatikan keadaan di sekitar Anda akan membuat film yang dihasilkan lebih menarik dalam segi cerita dan kedekatan dengan masyarakat.

“Film yang baik menurut saya adalah, film yang dapat menyentuh Anda secara emosional dan mengubah cara pandang Anda dalam merasakan sesuatu. Emosi menggerakkan kita kepada bagaimana kita menjalani hidup kita. Libatkan emosi yang dimiliki ini dalam film Anda.” ungkap Nick Reed.

Nick sendiri merupakan produser yang berhasil membuat sebuah film dokumenter yang berhasil menjadi inspirasi bagi para penontonnya dan memperoleh Oscar dalam Academy Awards sebagai Best Documentary. Berjudul “The Lady in Number 6”, Nick mengaku ia belajar dari orang-orang yang luar biasa saat membuat film dokumenter ini.

“Alice Sommer, wanita berusia 107 tahun di film saya yang memenangkan Oscar, telah mengubah begitu banyak hal dalam bagaimana saya menjalani hidup. Tidak ada yang lebih kuat dari memberikan suatu pembelajaran yang nyata kepada dunia,” ujar Nick.

Nick Reed sendiri akan menjadi pemateri yang akan terlibat dalam kegiatan Jumpcut Asia yang diselenggarakan oleh Discovery Networks Asia Pacific. Pelatihan ini akan sangat penting bagi sineas yang ingin mempertajam kemampuannya dalam menghasilkan film berkualitas dan disebarkan di seluruh dunia.

Pendaftaran Jumpcut Asia masih diperpanjang hingga tanggal 11 Desember 2016 dengan cara mengirimkan rencana film yang akan dibuat ke laman Discovery Channel.

Artikel Selanjutnya
Film Seperti Ini Bikin Kita Lebih Bahagia
Artikel Selanjutnya
Life, Mimpi Buruk Para Astronot yang Bikin Emosi Naik Turun