Sukses

Jalan-jalan Sambil Kerja, Ini 6 Kunci Sukses Jadi Travel Blogger

Mengembangkan karier menjadi travel blogger memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak ada caranya.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati adalah travel blogger. Bagaimana tidak, pekerjaan itu menggabungkan pekerjaan dengan hobi, terutama bagi pecinta plesiran.

Pekerjaan ini mungkin terlihat begitu menyenangkan, travel blogger jalan-jalan sekaligus mendapat uang. Namun, jika menjalaninya, Anda juga memerlukan trik tertentu untuk mempertahankan eksistensi mereka.

Jika berniat melirik pekerjaan ini, maka berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk sukses menjalaninya. Berikut tips-nya seperti dilansir dari laman expertvagabond, Kamis (1/12/2016).

1. Buat konten yang bermanfaat
Mungkin mudah untuk membuat catatan perjalanan Anda pergi ke suatu tempat. Namun, apakah itu berguna untuk orang lain? Maka, supaya blog Anda banyak dicari dan dibaca orang, buat lah konten yang bermanfaat. Bayangkan jika Anda seorang yang merencanakan perjalanan dan membaca blog Anda sendiri, apakah terbantu?

2. Lakukan sesuatu yang menarik
Anda mungkin menulis blog Anda dengan baik. Namun, jika isinya tidak menarik, blog Anda tidak akan dibaca orang. Karena itu, Anda bisa melakukan sesuatu yang menarik di tempat yang Anda kunjungi. Lakukan pula sesuatu yang belum banyak dilakukan blogger lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Trik Sukses Blogger

3. Rajin bertamu di blog orang lain
Anda dapat mengunggah link dari blog Anda ke laman blogger lain yang sudah terkenal. Ini guna mempromosikan blog Anda ke pembaca lainnya. Siapa tahu, jika konten yang Anda tawarkan menarik, mereka akan mampir dan menjadi pembaca setia blog Anda, bukan?

4. Manfaatkan media sosial
Tampil menarik di media sosial juga akan memperbaiki citra Anda sebagai blogger. Anda juga dapat menarik lebih banyak pembaca dari mengunggah tulisan blog Anda di media sosial. Pukul 07.00 dan 17.00 adalah waktu terbaik untuk mempromosikan blog di media sosial.

3 dari 3 halaman

Trik Sukses Blogger

5. Manfaatkan SEO
Blogger profesional biasanya memanfaatkan Search Engine Optimazation (SEO) untuk memaksimalkan pengunjung blog. Tambahkan kata kunci yang menarik pengunjung, yang tentu harus sesuai dengan isi blog, tautan ke laman blog lainnya, atau tulisan lain dalam blog. Ini akan mempermudah mesin pencari untuk menemukan blog Anda.

6. Iklan
Untuk blogger pemula, ini bisa menjadi cara efektif untuk memperbanyak pembaca. Anda dapat beriklan di Facebook atau media sosial lainnya yang dapat menarik semakin banyak pembaca.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.