Sukses

Pro Kontra Menggelar Acara Pernikahan Outdoor

Resepsi pernikahan outdoor memang masih menjadi pilihan favorit calon pengantin. Agar bisa lebih siap, coba intip pro kontra berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Resepsi pernikahan outdoor memang masih menjadi pilihan favorit bagi para calon pengantin. Pemandangan yang spektakuler, dikombinasikan dengan atmosfer santai, akan menyuguhkan daya pikat lebih ketimbang resepsi yang terkurung di dalam ruangan.

Namun, banyak pasangan pengantin sering lupa bahwa di balik semua keindahan pesta outdoor diperlukan perencanaan yang seksama. Agar bisa lebih siap, coba intip beberapa nilai plus minus dari tema pesta outdoor di bawah ini:

Plus:

Kecantikan alami

Dapat menggelar resepsi pernikahan outdoor merupakan sebuah impian bagi para pencinta alam. Segala dekorasi tak akan mampu melawan keindahan yang ditawarkan alam sebagai latar belakang nanti.

Apabila lokasi resepsi sudah indah, maka dekorasi pun tidak perlu banyak. Jika tetap ingin menambahkan dekorasi ekstra, Anda bisa memasukkan aksesori dengan elemen natural untuk memberikan kesan alami pada pesta pernikahan.

Memiliki ruang bergerak yang luas

Lokasi outdoor tidak dibatasi oleh dinding, sehingga membuatnya menjadi lebih besar dan mampu mengakomodasi lebih banyak tamu undangan.

Lokasi ini cocok untuk pernikahan yang lebih intim berisi keluarga dan sahabat saja, dimana anak-anak kecil pun bisa bebas berlarian tanpa takut merusak dekorasi atau mengganggu tamu.

Atmosfer kasual

Kebanyakan lokasi pernikahan indoor, seperti ballroom atau aula pertemuan, menghadirkan nuansa formal yang kadang tidak cocok bagi semua pengantin. Sebaliknya resepsi outdoor bisa menjadi alternatif untuk pasangan pengantin yang mengimpikan perayaan yang lebih rileks dan kasual, tapi tetap terlihat cantik dan menawan.

Minus

Cuaca tak menentu

Cuaca dan musim adalah hal pertama yang perlu dikhawatirkan saat merencanakan pesta outdoor. Sinar matahari yang terik, hujan lebat atau sekadar gerimis akan membuat para tamu tidak nyaman, tak peduli seindah apapun pernikahan itu.

Oleh karena itu, penting untuk memilih bulan yang tepat dan selalu perbekali diri dengan rencana alternatif untuk menyiasati cuaca yang tidak menentu

"Tamu" tak diundang

Resepsi pernikahan di pinggir danau akan tampak kurang menawan dengan kehadiran para nyamuk yang menggigit tubuh tamu, dan serangan lalat di sekitar makanan yang menghilangkan selera makan semua orang.

Jadi sebelum memesan lokasi, coba cari tahu dulu tentang serangga yang mungkin “hadir” di pernikahan Anda. Lakukan tindakan pencegahan ekstra dengan meminta pihak katering mencari cara untuk mengusir lalat, atau memberikan semprotan anti serangga kepada tamu di meja tamu.

Pengeluaran ekstra

Hal-hal tampak kecil yang dibutuhkan resepsi outdoor bisa bertambah terus dan membuat anggaran pernikahan membengkak. Mulai dari tenda, toilet portable, generator diesel, hingga alat pendingin ruangan.

Apabila lokasi yang dipilih terlalu kosong, Anda juga perlu mengeluarkan anggaran tambahan untuk dekorasi dan pencahayaan.

Jadi ketika membandingkan antara pesta indoor atau outdoor, jangan lupa untuk mempertimbangkan semua anggaran ekstra.

(Bridestory.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.