Sukses

Alquran Tinta Emas di Atas Sutra Pertama di Dunia

Alquran ini dibuat dalam lembaran sutra hitam sepanjang 50 meter, menghabiskan tiga kaleng tinta emas dan perak.

Liputan6.com, Jakarta Dalam lembaran sutera hitam, Tunza Memmedzade, seorang seniman dari Azerbaijan, menghabiskan tiga tahun untuk menuliskan kembali 6.666 ayat Al-Quran dengan tinta emas. Selain menakjubkan, karya ini juga menampilkan kesabaran dan pengabdian sang seniman untuk menyelesaikan kitab suci umat Islam seperti dirilis dari boredpanda.com, Kamis (1/11/2016).

Memmedzade menulis ulang Alquran diatas kain sutra dengan tinta emas dan perak. (Via: boredpanda.com)

Memmedzade memulai proyek ini dengan sungguh-sungguh setelah dirinya mengetahui Alquran tidak pernah ditulis dalam selembar sutra. Untuk itu ia mulai menuliskan ayat-ayat Alquran dengan menggunakan tinta emas di atas sutra berukuran 28x33 cm.

Alquran ini menghabiskan 50 meter sutra hitam, tiga kaleng tinta emas, dan perak yang tersebar di berbagai halaman. Memmedzade menggunakan Quran yang dibuat oleh Diyanet dari Turkish Precidency Religion Affair sebagai panduannya dalam menulis.

Dalam kurun waktu 3 tahun, Memmedzade mampu menyelesaikan Alquran yang ia tulis ulang di atas kain sutera dan dengan tinta emas. (Via: boredpanda.com)

Salinan Alquran di atas sutra ini juga mengingatkan Islam memiliki seni yang luar biasa. Memmedzade juga menyatakan proyek ini merupakan masterpiece yang berhasil dibuat dan tidak melanggar hukum agama karena sutra juga menjadi bahan yang disebutkan dalam ayat Alquran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.