Sukses

9 Hal yang Dianggap Aneh Tentang Puting Ini Ternyata Normal

Apa Anda pernah menemui keanehan pada puting payudara Anda sendiri? Bisa jadi hal ini justru normal terjadi, penasaran? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang tentu memiliki puting payudara , namun tampilan, bentuk, dan ukuran akan berbeda dari satu orang dengan orang lainnya. Apakah Anda pernah menemukan hal-hal aneh tentang puting Anda sendiri? Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, dilansir dari self.com, Kamis (1/12/2016), berikut ini adalah beberapa hal tentang puting payudara Anda yang ternyata normal terjadi.

1. Ada rambut tipis di sekitar puting
Ini normal karena tumbuhnya rambut di sekitar puting payudara hanya menunjukkan perubahan hormonal, seperti pubertas, menstruasi, kehamilan, dan menopause. Selain itu, pil KB juga dapat merangsang tumbuhnya rambut di sekitar puting.

2. Puting payudara yang besar atau kecil
Ukuran puting payudara yang Anda miliki tidak berarti apapun, karena setiap orang memiliki ukuran yang berbeda. Dan ternyata, ukuran puting payudara juga tidak memiliki hubungan dengan risiko adanya kanker.

3. Warna puting payudara
Warna puting payudara tidak menunjukkan apapun tentang kesehatan Anda, jadi Anda tidak perlu khawatir ketika menemukan warna yang pucat, kebiruan, atau bahkan terlalu cokelat. Kecuali jika warna puting menjadi merah dan ukuran membesar, disertai dengan nyeri, dan iritasi kulit, ini bisa menjadi potensi kanker payudara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Puting susu tidak menonjol

4. Puting payudara tidak menonjol
Sekitar 10 sampai 20% populasi wanita di dunia memiliki puting payudara yang menonjol ke dalam atau dalam keadaan terbalik. Atau jika Anda menemukan puting payudara Anda tidak menonjol sama sekali, ini normal, namun memang ada tantangan tersendiri ketika harus menyusui. Yang perlu diperhatikan adalah jika puting payudara terbalik ke dalam saat Anda telah dewasa, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter, karena ini merupakan gejala kanker payudara.

5. Ada benjolan kecil di sekitar puting
Apakah benjolan-benjolan kecil yang mengelilingi puting payudara Anda? Tidak masalah, ini dapat membantu bayi Anda untuk menyusui.

6. Ada cairan yang keluar dari puting susu
Semua saluran payudara menyatu dan berakhir di puting payudara Anda, inilah mengapa kaum wanita dapat menyusui. Jika Anda belum pernah melahirkan, namun ada cairan keluar dari puting, ini adalah hal yang normal terjadi. Warna cairan yang keluar menandakan apa saja yang telah Anda masukkan ke dalam tubuh selama ini. Namun, jika cairan ini keluar dari puting dengan menyakitkan, berwarna merah atau hijau, segera hubungi dokter, karena ini merupakan gejala kanker payudara.

3 dari 3 halaman

Berubah warna saat hamil

7. Puting susu berubah warna dan bentuk saat hamil
Bagi wanita yang sedang hamil atau baru saja melahirkan, puting payudara menjadi lebih gelap dan membesar itu merupakan hal yang normal terjadi. Sebuah penelitian di The Journal of Human Lactation pada tahun 2013 menemukan bahwa puting payudara dari wanita hamil 20% lebih panjang dan 17% lebih luas.

8. Puting payudara sensitif atau tidak sensitif sama sekali
Beberapa wanita dapat mencapai orgasme hanya melalui stimulasi puting saja, namun sekali lagi, sensitivitas puting setiap orang pun berbeda-beda. Namun, jika puting payudara bukannya sensitif, justru menyakitkan, hal ini bisa menjadi tanda dari kanker payudara.

9. Anda memiliki puting payudara tambahan
Ini bukan hal yang aneh, justru sangat normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini