Sukses

Bosan Terus Berhemat? Ini Cara Kembalikan Semangat Menabung

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk kembali bersemangat menabung. Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Hidup sejahtera dengan segala kebutuhan terpenuhi pasti menjadi impian setiap orang. Sayangnya tidak semua orang bisa mewujudkannya. Punya tempat tinggal nyaman, kendaraan pribadi untuk bepergian bersama keluarga, atau barang–barang elektronik untuk memudahkan aktivitas sehari-hari adalah hal yang tidak bisa didapatkan dengan biaya murah. Sebagian besar harus berusaha keras berhemat dan menabung untuk mewujudkan impian ini.

Perlu kesabaran, konsisten, teguh pada pendirian untuk mau menyisihkan penghasilan yang dimiliki dan terus menabung. Tapi adakalanya rasa lelah itu muncul. Keinginan untuk lebih bebas menggunakan uang begitu menggoda. Rasanya bosan untuk terus berhemat. Hati-hati jika kelelahan berhemat ini menyerang, fokus untuk terus menabung bisa rusak. Dilansir dari clubthrifty.com, Senin (5/12/2016) ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk kembali bersemangat menabung.

Tetapkan Tujuan Menabung
Motivasi untuk berhemat adalah langkah awal agar semangat menabung. Tentukan tujuan mengapa Anda harus menabung. Perlu untuk menetapkan nominal berapa banyak uang yang harus ditabung. Anda menabung untuk tujuan yang sangat penting dalam hidup Anda. Misalnya membeli properti, biaya pendidikan atau naik haji. Jika Anda tahu nominal uang yang pasti untuk mewujudkan semua impian ini maka anda akan semakin tertantang untuk menabung agar target Anda tercapai.
Membuat Daftar Impian

Secara logika berhemat dan menabung memang harus dilakukan
Tetapi adakalanya orang menabung tanpa tahu impian apa yang ingin dicapainya lewat menabung. Akhirnya ketika melihat saldo di tabungan sudah membengkak keinginan untuk berfoya-foya muncul. Membeli barang yang tidak dibutuhkan karena iming–iming diskon membuat Anda lupa untuk berhemat. Tak ingin seperti itu kan? Mulailah menuliskan daftar impian yang ingin diraih. Misalnya punya bisnis sendiri yang butuh modal besar, pensiun muda dan menikmati hidup dengan tabungan, atau punya tujuan mulia membantu masyarakat di tempat terpencil. Perlu menuliskan daftar impian secara specifik agar terus termotifasi untuk terus berhemat dan menabung sampai impian Anda terwujud.

Nikmati Hal-Hal Kecil
Jika mengalami kelelahan untuk berhemat mungkin kita sendiri penyebabnya. Terlalu memaksa diri untuk berhemat tanpa menikmati apa yang dilakukan. Mengalihkan fokus pada hal yang menyenangkan akan membantu untuk menikmati upaya menabung. Bagaimana anda berhasil mengatur pos keuangan, menjadi orang yang lebih kreatif berkreasi meracik menu yang hemat untuk makan siang, atau liburan yang menyenangkan dengan biaya rendah adalah contoh hal–hal kecil yang perlu dinikmati. Menikmati setiap pencapaian meski kecil sekalipun akan membantu kita menjadi orang yang lebih bersyukur dan termotivasi untuk meraih pencapaian lainnya.

Melia Citra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini