Sukses

Mengalami Kegagalan Asmara? Mungkin Itu Salah Orangtua Anda

Sebuah studi baru mengatakan hubungan Anda dengan orangtua Anda selama masa remaja, memiliki efek mendalam pada hubungan percintaan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan percintaan Anda bermasalah? Mungkin sudah saatnya untuk melihat kembali tahun-tahun masa remaja Anda. Sebuah studi baru mengatakan hubungan Anda dengan orangtua Anda selama masa remaja memiliki efek mendalam pada hubungan percintaan Anda di kemudian hari.

Profesor dari University of Alberta, Amerika Serikat, Matt Johnson dan timnya, melakukan survei terhadap 2970 orang, yang dilakukan pada tiga tahap yang berbeda dalam hidup mereka. Mereka menemukan keterkaitan antara hubungan responden dengan orang tua mereka dan kualitas kehidpan asmara responden. Penelitian ini telah diterbitkan di Journal of Marriage and Family.

Menurut Matt Johnson, seperti yang dilansir dari Huffington Post, Jumat (2/12/2016) hubungan yang positif antara seorang remaja dan orang tuanya, pada masa dewasanya akan membuahkan hubungan asmara yang lebih berkualitas. Kaitannya dengan menumbuhkan kepercayaan diri saat si remaja beranjak masuk kuliah dan memasuki masa dewasa. Remaja yang mengalami masalah dengan orangtua, akan memiliki kehidupan asmara yang bermasalah juga, di kemudian hari.

Ini tidak berarti bahwa orangtua adalah pihak yang perlu disalahkan dalam kehidupan asmara Anda. Maksud Matt dengan penelitian ini adalah, agar orang-orang menyadari peran mereka dalam membangun hubungan yang lebih sehat dengan orang tuanya, yang nantinya akan membawa dampak ke depannya.

"Orang-orang cenderung memilah hubungan sosial mereka. Mereka cenderung membedakan, hubungan dengan keluarga, dengan pasangan, dengan orangtua, itu sesuatu yang tidak ada kaitannya sama sekali. Padahal, kenyataannya tidak demikian. Semuanya saling terkait,” jelas Matt.

Nah, kalau kenyataannya sekarang hubungan asmara Anda bolak-balik mengalami kegagalan, Matt menyarankan, agar mengamati kembali seperti apa hubungan kita dengan orangtua saat remaja? Adakah itu disebabkan karena perilaku negatif di masa lalu, yang pada akhirnya masih terbawa dan membentuk karakter kita, sehingga memengaruhi hubungan kita dengan orang lain di masa sekarang?

Ficky Yusrini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini