Sukses

Penyebab Nyeri Payudara Saat Haid dan Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasa nyeri pada payudara sebelum maupun saat haid? Rasa nyeri, ngilu dan payudara mengeras ini ternyata disebabkan meningkatnya hormon pada saat haid

Dilansir dari News Health, Kamis (1/12/16), rasa nyeri dipicu oleh lonjakan estrogen tepat sebelum ovulasi, sehingga menyebabkan saluran payudara membesar. Sementara itu, seminggu sebelum menstruasi hormon progesteron merangsang pertumbuhan kelenjar susu. Hal inilah yang menjadikan payudara mengalami pembengkakan, nyeri, dan sakit sebelum atau selama masa haid.

Kulit pada area payudara juga sangat sensitif, maka kebanyakan dari Anda sering merasa sakit pada keseluruhan payudara. Bahkan tidak jarang terasa nyeri dan sakit pada daerah ketiak, di mana pada area tersebut terdapat sejumlah jaringan payudara.

Untuk meringankan rasa sakit, cobalah untuk mengenakan bra yang nyaman. Karena penggunaan bra yang tepat akan dapat mengurangi rasa nyeri. Olahraga teratur, membatasi konsumsi kafein, garam, dan menjauhi makanan berlemak sebelum periode haid juga sangat baik dilakukan.

Rasa nyeri dan sakit biasanya akan berkurang bahkan hilang beberapa hari setelah haid dimulai. Jika masih merasakan nyeri setiap hari dan semakin memburuk selama berminggu-minggu, sebaiknya Anda perlu berkonsultasi ke dokter dan meminta beberapa suplemen seperti vitamin B6, Vitamin E, dan evening primrose oil supplements.

Latifah Gusri