Sukses

Usir Stres di Kantor Tanpa Membuat Anda Kehilangan Pekerjaan

Berikut enam hal yang dapat Anda lakukan untuk mengusir stres di kantor tanpa harus kehilangan pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta Menjalani aktivitas di kantor yang penuh dengan deadline kerap membuat Anda stres. Jadwal makan dan tidurpun menjadi tidak teratur. Hal ini tentu akan berdampak pada kinerja Anda. Anda membutuhkan cara untuk menyegarkan kembali pikiran agar dapat bekerja dengan kondusif. Sehingga stres yang Anda alami tidak membuat Anda kehilangan pekerjaan.

Seperti yang dilansir dari situs MoneyUsNews, Rabu (7/12/2016). Anda dapat melakukan beberapa cara untuk mengusir stres tanpa harus meninggalkan pekerjaan Anda. Anda dapat rehat sebentar dari pekerjaan serta memulihkan pikiran kemudian melanjutkan pekerjaan kembali dengan pikiran yang lebih segar.

1. On time

Datang bekerja tepat waktu dapat mengurangi tingkat sres. Tidak ada yang lebih stres daripada terlambat, baik itu untuk bekerja atau untuk pertemuan dengan klien. Datang di menit-menit terakhir membuat Anda menjalani hari dengan buruk seperti berebut kendaraan di jalan, tidak mempersiapkan busana dengan baik, hingga melewatkan sarapan. Usahakan untuk bangun lebih awal agar tiba di kantor lebih awal. Selain dapat menghindari stres, Anda juga dapat mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan sebelum mulai bekerja, menyenangkan bukan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pola hidup sehat

2. Pola hidup sehat

Membiarkan penurunan tingkat energi Anda, dengan melewatkan makan siang dapat memperburuk perasaan stres. Hal ini karena ketika menahan lapar gula darah Anda menjadi rendah. Pastikan Anda makan tepat waktu, sesibuk apapun pekerjaan Anda. Kemudian sediakan makanan ringan yang sehat di meja kerja seperti yoghurt rendah lemak, keju, dan kacang serta serat pada buah-buahan seperti pisang dan apel.

3. Beristirahat sejenak

Ketika Anda merasa ingin resign dari kantor karena stres, kadang-kadang istirahat sebentar dapat bekerja ajaib untuk mengubah perspektif Anda. Setiap 90 menit, pastikan untuk bangun dari meja Anda dan berjalan-jalan selama lima atau 10 menit. Jika Anda bisa meluangkan waktu untuk melangkah keluar, berjalan-jalan cepat di sekitar blok bisa membuat darah Anda mengalir dengan baik sehingga Anda segar kembali melanjutkan pekerjaan di kantor.

3 dari 4 halaman

Hindari sumber stres

4. Hindari sumber stres

Beberapa hal menjadi pemicu stres Anda di kantor seperti teman yang kurang baik, bos yang mendesak, hingga beban kerja yang tidak masuk akal. Luangkan waktu Anda untuk mengidentifikasi apa yang membuat Anda harus bertahan pada pekerjaan Anda saat ini untuk mengambil langkah-langkah untuk menghadapinya.

5. Berhenti menjadi serba bisa

Anda kerap bekerja selama berjam-jam tanpa henti hingga melupakan makan siang. Hal ini Anda lakukan untuk mengesankan bos dan membuktikan diri di depan rekan-rekan dengan tampil menjadi seorang pekerja yang tak terkalahkan dan sempurna. Tetapi kenyataannya adalah tidak ada yang bisa mempertahankan tingkat kinerja tanpa manajemen tingkat stres yang baik. Berusaha untuk bisa mengatakan tidak, jika memang tubuh Anda tidak mampu melakukannya. Atur jadwal istirahat yang teratur dan makanan selama hari kerja, Anda akan memiliki stamina yang lebih besar dan kesehatan yang lebih baik untuk bekerja lebih baik lagi di kantor.

4 dari 4 halaman

Ikut kegiatan hiburan di luar pekerjaan

6. Ikut kegiatan hiburan di luar pekerjaan

Banyak perusahaan menawarkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan hiburan seperti karaoke, tim olahraga basket, bulu tangkis atau futsal. Lupakan sejenak bebean kerja dan manjakan diri Anda dengan kegiatan yang positif. Selain menghilangkan stres kegiatan ini juga membentuk kedekatan Anda dan rekan kerja tanpa memikirkan tanggung jawab rutin di kantor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini