Sukses

Hiburan Gratis nan Jenaka dari Jepara: Om Telolet Om…

Liputan6.com, Jakarta Bila banyak anak sekarang mencari hiburan dari gawai yang mereka miliki, maka kejadian berbeda terjadi di Ngabul, Jepara. Setiap sore, semua orang terutama anak-anak, remaja dan orang tua berburu bunyi klakson dari bus-bus yang lewat di jalan lintas Jawa Tengah ini. Semua bus yang lewat akan diteriaki oleh anak-anak kecil agar bersedia untuk membunyikan klaksonnya.

Riyadh As’ari, salah satu pengguna Facebook rutin mengirimkan video berburu telolet ini. Video ini diambil dari depan SPBU Ngabul dan memperlihatkan berbagai cara anak-anak yang ingin menikmati sore mereka dengan keriuhan telolet dari para supir bus. Kebanyakan bus yang diminta membunyikan klaksonnya adalah bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan truk besar yang melintas.

Selain berteriak, anak-anak yang berkumpul dengan seragam sekolahnya setiap jam 4 sore ini membawa tulisan besar yang bertuliskan “OM TELOLET :)” sambil berseru “Om, telolet om!” berulang kali. Bila beruntung, bus yang membaca tulisan ini akan mengeluarkan suara klakson dengan berbagai nada menghibur para masyarakat yang sudah berkumpul. Bila tidak dibunyikan klaksonnya, seluruh masyarakat akan menyoraki bus dengan semangat dengan kata "Hu...!".

Warga Ngabul di Jepara ini berburu bunyi klakson di jalan raya (foto : Riyadh As'ari)

Kegiatan ini ternyata menjadi momen yang dinanti-nantikan penduduk Ngabul, terlihat dari status Riyadh As’ari yang dikirim pada Selasa, (29/11/2016) yang menuliskan “45 menit lagi Om TELOLET dimulai.” dengan perasaan yang luar biasa. Video yang sudah diposting sendiri mencapai 29 ribu penonton online dengan berbagai komentar bernada positif. Ternyata banyak orang juga yang ingin mengikuti keriangan ini. Anda ingin coba?