Sukses

10 Hal yang Menurunkan Metabolisme Anda dan Cara Mengembalikannya

Ingin tahu apa saja alasan Anda gampang lelah, selalu ngantuk, lemas, dan lapas sepanjang waktu? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Metabolisme adalah aset terbesar yang dimiliki oleh tubuh, karena ia membakar kalori dan fungsi terbaik dari semua kegiatan Anda. Jika metabolisme terganggu, secara otomatis kegiatan Anda juga akan melambat, seperti berat badan, selalu kelelahan, dan memburuknya kesehatan fisik secara keseluruhan.

Ingin tahu kunci untuk membantu metabolisme tetap dalam keadaan normal? Dilansir dari yourtango.com, Senin (5/12/2016), ketahui hal-hal apa saja yang dapat menurunkan metabolisme dan bagaimana cara memperbaikinya, penasaran?

1. Kurang makan
Jika Anda kekurangan kalori, tubuh akan terus menerus dalam keadaan mode kelaparan dan jelas memperlambat metabolisme. Pastikan setidaknya dalam sehari, Anda harus memenuhi kebutuhan kalori sebanyak 1.400 dan cobalah makan makanan kecil sepanjang hari untuk memenuhinya.

2. Kurang tidur
Kurang tidur juga menjadi penyebab turunnya metabolisme, karena Anda menyimpan sedikit energi, sehingga bergerak hanya akan membuat Anda cepat lelah. Pastikan untuk tidur selama 6 sampai 8 jam sehari untuk meremajakan tubuh dan menjaga metabolisme.

3. Menstruasi
Selama siklus menstruasi, tubuh akan banyak kehilangan zat besi yang membawa oksigen ke otot dan jaringan, sehingga wajar bila Anda terus menerus merasa lelah. Cobalah makan makanan yang mengandung zat besi tinggi selama menstruasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan mengandung pestisida

4. Makan makanan mengandung pestisida
Pestisida umumnya ditemukan di dalam sayuran dan buah-buahan. Pilihlah sayur dan buah-buahan organik untuk menghilangkan ancaman adanya pestisida dan menjaga metabolisme tubuh.

5. Makan jenis makanan yang salah
Jika Anda terlalu banyak makan nasi putih, tubuh akan terlambat membakar lemak secara efisien. Cobalah beralih ke roti gandum dan pasta, karena makanan tersebut dapat meningkatkan metabolisme hingga 30%. Sedangkan untuk meningkatkan protein, tambahkan kacang atau yoghurt di setiap makanan yang Anda makan.

6. Kurang bergerak
Sebuah studi menunjukkan duduk selama 20 menit dapat memperlambat metabolisme. Jika Anda harus duduk dalam waktu lama, cobalah untuk melakukan peregangan atau bergerak beberapa kali secara rutin, agar metabolisme Anda ikut bergerak.

3 dari 3 halaman

Makan di waktu yang salah

7. Makan di waktu yang salah
Makan di waktu yang kurang tepat dapat membuat tubuh menjadi bingung kapan harus membakar kalori, sehingga metabolisme secara otomatis juga akan melambat. Metabolisme berada di titik tertinggi di pagi dan sore hari, sehingga makan di waktu ini tidak akan menambah berat badan Anda.

8. Kurang asupan vitamin D
Vitamin D dapat mempertahankan jaringan otot dan otot adalah kekuatan dari metabolisme Anda. Cobalah untuk makan makanan yang kaya akan vitamin D setiap hari, seperti tuna, salmon, susu, udang, dan telur.

9. Minum alkohol terlalu banyak
Terlalu banyak minum alkohol akan memperlambat metabolisme, karena tubuh akan menyimpan lemak lebih banyak.

10. Tidak memiliki jumlah kalsium yang tepat
Kalsium adalah penentu metabolisme lemak tubuh Anda. Jumlah kalsium yang Anda miliki akan menentukan kalori yang digunakan untuk membakar atau menyimpan lemak, sehingga kekurangan kalsium sama saja dengan kenaikan berat badan dan memperlambat metabolisme. Minumlah susu atau produk susu rendah lemak kaya kalsium, seperti keju dan yoghurt.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini