Sukses

Pencemaran Udara Makin Menggila, Beijing Buat Tower Hisap Asap

Pencemaran udara yang makin parah di Beijing, Tiongkok, membuat berbagai pihak memutar otak untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Liputan6.com, Jakarta Pencemaran udara yang makin parah di Beijing, Tiongkok, membuat berbagai pihak memutar otak untuk menyelesaikan permasalahan ini. Akhirnya sebuah solusi unik datang untuk menjernihkan kembali udara Beijing yang sudah tercemar parah. Mereka membangun sebuah penghisap asap di tengah kota, seperti yang dirilis dari inhabitat.com, Rabu (30/11/2016).

Beijing buat tower pembersih udara untuk sedot partikel polusi (foto : inhabitat.com)

Tower penghisap asap ini didesain oleh Studio Roosegaarde berawal dari kesulitan Daan Roosegarde untuk bernafas karena buruknya kualitas udara di Beijing. 80 persen masyarakat ternyata hidup di daerah urban yang dinyatakan melewati batas normal WHO. Akhirnya ia mendesain sebuah tower yang mampu menghisap partikel polusi PM2.5 yang bisa mengganggu kesehatan di pusat kota dan berharap memberikan hasil yang terbaik.

Cara kerja tower ini juga cukup mudah. Ketika menghisap udara, tower ini akan menyaring berbagai partikel polusi dan menjadikannya perhiasan. Tower yang dibangun di Beijing ini mampu menghasilkan 300 cincin yang berasal dari polusi udara, lebih banyak dibanding dengan cincin yang dihasilkan di Rotterdam, Belanda, dimana tower ini pertama kalinya dibangun.

Beijing buat tower pembersih udara untuk sedot partikel polusi (foto : inhabitat.com)

Ternyata hasil penghisapan udara lewat tower ini memberikan dampak positif pada langit Beijing. Tower ini menghisap 30 miliar m3 udara, sama dengan ukuran volume 10 kali Stadium Nasional Beijing. Kementerian Perlindungan Lingkungan Tiongkok juga mengumumkan bahwa udara di sekitar tower lebih bersih 55 persen dibandingkan dengan sebelumnya. Namun sayang, usaha ini masih belum memenuhi batas standar udara bersih yang dikeluarkan WHO.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini