Sukses

4 Cara Tetap Positif Saat Ekspektasi Berbeda dengan Realita

Liputan6.com, Jakarta Rata-rata setiap orang dapat memiliki 25.000-50.000 pengalaman hanya selama satu hari. Dan jika Anda pesimis menjalani hari yang buruk, serasa memasuki kegelapan, bukan?

Padahal memiliki hari yang buruk, bukan berarti menjalani kehidupan yang buruk juga. Ya, terkurung oleh pikiran buruk akan membuat Anda cepat depresi.

Berikut ini adalah tes sederhana yang memungkinkan Anda mengetahui suasana hati. Tanyakan pada diri sendiri, kapan terakhir kali Anda merasakan kebahagiaan sejati.

Jika jawaban Anda tidak memuaskan, segera memegang kendali atas pikiran negatif untuk melindungi diri sendiri, seperti melansir dari lifehack.org, Selasa (29/11/2016).

1. Memahami dari mana pikiran negatif berasal

Untuk menghilangkan atau menyembuhkan sesuatu, Anda perlu menentukan sumbernya. Jadi cari tahu apa atau siapa yang jadi penyebabnya.

Banyak orang memiliki masalah yang dipercaya tidak mungkin diatasi dengan cara apa pun. Seperti memiliki utang besar yang ditinggalkan oleh orang tua mereka. Atau putus cinta setelah menjalani hubungan yang lama.

Namun jika Anda berpikir lagi, putus cinta bukan lah akhir dari segalanya Sebab kelak Anda akan menemukan orang baru yang akan membawa kebahagiaan baru. Dan jika utang dilunasi, akan tetap ada permasalahan baru lagi. Jadi, mulai berpikir positif untuk mengembangkan rencana jangka panjang.

2. Ubah rutinitas Anda
Berada di zona nyaman memang meminimalisir kecemasan karena senantiasa merasa aman. Tapi bukankah hidup tidak bisa diprediksi? Bisa jadi besok kita akan kehilangan zona nyaman itu.

Bagi Anda yang menilai diri sendiri merupakan orang yang kurang punya jiwa petualang dan spontan ada cara lain yang bisa dilakukan. Cobalah bergaul dengan orang-orang dengan semangat tersebut. Mereka menikmati hidup dengan pikiran terbuka, kadang liar, dan saatnya Anda berkompromi untuk tetap menciptakan ketenangan.

Atau bisa dimulai dengan hal-hal kecil yang sederhana seperti mencoba makanan baru, Meski pikiran dan tubuh Anda menolak, cobalah untuk menikmatinya karena hal tersebut cara Anda berkompromi dengan hidup.

1 dari 2 halaman

4 Cara Tetap Positif Saat Ekspektasi Beda dengan Realita

3. Kegagalan bukanlah akhir
Pikiran negatif datang dalam berbagai bentuk dan frustasi adalah salah satu bentuk paling umum yang kita temui setiap hari. Banyak dari kita yang memiliki banyak keluhan seperti contoh kecil tentang rencana yang hancur karena cuaca.

Salah satu nasihat orang-orang sukses saat kegagalan kecil datang pada mereka adalah tetap berpikir positif. Sebab itu kegagalan bukan sebuah akhir, sebenarnya itu awal yang baru.

Dalam masa-masa sulit dan pikiran negatif cenderung membayangi, coba lah mengubah sudut pandang Anda dengan sikap optimis, ceria, dan harapan baru akan datang menghampiri.

4. Buat diri Anda lebih berguna

Cara merasa lebih baik untuk diri sendiri adalah dengan membantu sesama manusia. Tidak harus orang tertentu, tapi lingkup keluarga adalah yang paling dekat dengan kita.

Contoh kecil seperti membantu ibu mencuci piring saja bisa membuatnya bahagia. Apa pun kegiatan yang dipilih pasti akan membuat Anda ikut bahagia.

Saat harapan tidak sesuai dengan kenyataan, hal terbaik bukan melarikan diri. Namun ubah pola pikir Anda. Mulai lah mengubah pola pikir dan melihat dunia seperti saat kali pertama Anda melihatnya.

M. Andreas