Sukses

Tak Mau Terlibat Masalah? Anda Harus Berani Katakan Tidak

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda memiliki kesulitan untuk berkata tidak dalam persoalan yang sebenarnya tidak diinginkan terjadi? Maka tips ini akan menjadi hal yang baik untuk Anda. Seluruh orang tentu memiliki prioritasnya masing-masing, tapi terganggu dengan kerjaan mendadak atau rapat di saat liburan pasti membuat kekesalan tersendiri. Mau tak mau Anda harus membuat keputusan cepat, tapi bagaimana caranya? Inilah 5 cara untuk memudahkan Anda untuk berkata tidak saat menolak apapun, seperti yang dirilis oleh lifehack.org, Selasa (29/11/2016).

Jujur pada diri Anda
Kejujuran memanglah keputusan terbaik, Bila Anda sedang dalam sebuah kegiatan lain dan ada telepon dari kantor, tolaklah dengan halus dengan menceritakan kegiatan penting yang sedang dijalani. Jangan sampai pekerjaan besar Anda terhenti karena ada desakan untuk menerima tugas lainnya. Strategi ini akan berhasil jika Anda mengucapkan alasannya dengan lugas. Bila berbicara langsung bukan keahlian Anda, lihatlah cara lainnya.

Alasan sakit
Bila Anda benar-benar sakit dan tidak bisa menghadiri sebuah acara, namun tetap dipaksa, maka jelaskanlah lebih detail. Mulai dari nama sakitnya, apa yang sedang Anda rasakan, memberikan kejelasan berapa deras keringat yang mengucur hingga berapa bungkus kompres yang telah habis dipakai. Alasan ini akan memberikan Anda kesempatan untuk mengatakan "Saya ingin sekali hadir, tapi keadaannya tidak memungkinkan".

Sibukkan diri Anda
Tidak akan ada orang yang akan menyanggah bila Anda memberikan alasan deadline ketika menolak permintaan mereka. Jika belum paham juga, berikan jadwal pekerjaan Anda dan jelaskan betapa beratnya tanggung jawab yang harus diemban. Tentu saja Anda tidak ingin menggunakan waktu pribadi untuk menyelesaikan pekerjaan bukan?

Minta maaf
Mungkin Anda salah satu yang tidak bisa melakukan pilihan diatas. Jadi berikan permohonam naaf pada orang yang mengundang Anda. Bukan dengan cara biasa, berikan kata maaf dengan situasi yang sedang Anda hadapi saat ini. Kata maaf dapat memberikan dampak positif terhadap kesehatan fisik dan mental Anda.

Siap bilang tidak dari pertama
Belajarlah untuk berkata tidak dari saat pertama. Ketika hati Anda sudah tidak setuju dengan berbagai persoalan yang dihadapi, katakana tidak untuk melawannya. Jangan ragu, sebelum mulut Anda sudah terlanjur berkata "Iya". Tegaslah dan pastikan Anda memegang pendapat hingga akhir, dibanding harus mengulur-ulur pendapat jika terus dipaksa untuk mengikuti sesuatu.

Artikel Selanjutnya
4 Cara Kembali Bangkit dari Penolakan Lamaran Kerja
Artikel Selanjutnya
Trik Menjawab Pertanyaan Jebakan saat Wawancara Kerja