Sukses

Kerja di Malam Hari Akan Mempengaruhi 4 Hal Penting Dalam Hidup

Ketika banyak orang lain yang sedang liburan di akhir tahun, banyak pemuda berumur 20-an sedang bekerja hingga larut malam.

Liputan6.com, Jakarta Ketika banyak orang lain yang sedang liburan di akhir tahun, banyak pemuda dalam berusia 20-an sedang bekerja dengan sistem shift. Mereka bekerja keras dengan jangka waktu 8 jam tiap harinya, mulai dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Namun ada pula pekerja yang ditempatkan dalam shift malam yang bisa dimulai dari pukul 8 malam hingga 4 pagi. Shift malam ternyata dapat pengaruhi 4 hal dalam hidup Anda, seperti yang dirilis oleh lifehacks.org, Rabu (30/11/2016).

Jam tidur Anda akan tidak menentu
Sayangnya, ketika Anda mengikuti kerja shift malam, tidak ada jaminan pasti kapan waktu tidur yang diperbolehkan. Tentunya saat sedang bekerja malam hari, mencari waktu sela untuk istirahat tidur sejenak tidak diperbolehkan. Karena hal ini pula, waktu tidur akan jadi tidak menentu. Untuk menghindari ini, banyak orang yang memililh tidur dari siang hari hingga malam menjelang pergi kerja, namun ini bukan waktu tidur yang baik.

Kehidupan sosial akan berubah
Anda tidak akan bisa menikmati waktu bebas dengan hati yang senang. Karena ketika teman-teman mengajak makan malam bersama atau sekedar bersantai, Anda masih terjebak dalam rutinitas kerja shift yang dibebankan pada Anda. Pastinya setiap orang tidak ingin bekerja pada waktu akhir minggu, namun karena tanggung jawab pekerjaan, Anda harus melakukanya demi karir yang cemerlang.

Mudah depresi
Akibat kurang tidur dan kehidupan sosial yang berubah, depresi akan lebih mudah muncul. Kehidupan pribadi seakan-akan tidak memiliki batasan lagi dengan kehidupan kerja yang menuntut profesionalitas. Daripada selalu menggerutu dengan keputusan atasan, lebih baik membuat jadwal khusus untuk memastikan Anda memiliki waktu untuk mengurus diri sendiri.

Keteguhan niat
Selama Anda dapat menunjukkan performa yang bagus saat shift malam, bisa saja waktu kerjanya dikembalikan seperti waktu kerja normal. Keluar dari perusahaan juga merupakan pilihan yang dapat diambil, tapi tentunya bukan pilihan terbaik karena Anda tidak bisa bertahan dalam berbagai ujian yang diberikan. Jadi tetaplah positif dan terus maju untuk meraih karier impian Anda.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.