Sukses

Ini Dampak Positif Promosi Wonderful Indonesia di Luar Negeri

Wonderful Indonesia gencar melakukan promosi di luar negeri, apa dampaknya?

Liputan6.com, Jakarta Wonderful Indonesia gencar melakukan promosi. Selain memamerkan empat billboard di Times Square, jalan utama di Manhattan, Amerika Serikat, promosi juga dilakukan dengan menempelkan banner Wonderful Indonesia di ratusan taksi dan bus yang ada di Kota London, Inggris. Terhitung hingga hari ini promosi London telah berjalan selama dua bulan, sedangkan di Manhattan durasi promosi hanya satu bulan dan telah berakhir.

Agustini Rahayu, Kabid Komunikasi Media Elektronik Kementerian Pariwisata saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (25/11/2016) mengatakan, hasil dari promosi ini belum bisa dicek secara keseluruhan dampaknya. Namun dirinya menegaskan paling tidak ketertarikan terhadap Wonderful Indonesia sudah mulai mempengaruhi pasar.

“Orang sekarang sudah mulai bereaksi apa itu Wonderful Indonesia, meski mengukur upaya branding seperti yang dilakukan melalui pemasangan billboard atau image-image wonderful Indonesia di taksi, bus, kereta di luar negeri, tidak serta merta langsung dapat dievaluasi dampaknya terhadap kedatangan wisman, namun ini terlihat lebih kepada peningkatan performansi branding Wonderful Indonesia yang meningkat, tumbuh, dan dikenal oleh dunia,” kata Agustini Rahayu.

Data World Economic Forum (WEF) sendiri menunjukkan, brand Wonderful Indonesia menempati rangking ke-47, jauh di atas Thailand dan Malaysia, yang menempati peringkat ke-83 dan 96. Namun Indonesia masih di bawah Singapura yang berada di posisi ke-41.

“Paling tidak performansi brand Wonderful Indonesia juga dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang diraih Indonesia di berbagai even pariwisata bergengsi dunia, World Travel Awards, UNWTO Awards, PATA Gold Awards, hingga Travel Weekly Asia Readers Choice Award,” ungkap Agustini menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.