Sukses

4 Hal Wajib Dilakukan Setelah Cerai untuk Permudah Hidup

Mengalami perceraian memang bukan suatu hal yang mudah dilalui, simak beberapa hal di bawah ini untuk menghadapinya dengan lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Banyak faktor yang membuat sebuah hubungan gagal atau berakhir dengan perceraian. Di antaranya perselingkuhan, kecemburuan, ketidakpercayaan, kemarahan, kebencian, dan perbedaan pendapat yang tak kunjung selesai.

Fondasi yang terbangun kuat dari gabungan kepercayaan, komunikasi, rasa hormat, bahkan cinta dapat menjadi hancur seketika. Anda mungkin merasa sangat marah, tidak lagi bisa tidur dan makan dengan baik, serta terus dihantui dengan berbagai perasaan negatif tentang masa depan.

Melansir dari yourtango.com, Sabtu (26/11/2016), berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan segera setelah mengalami perceraian.

1. Jujurlah pada diri sendiri tentang apa yang terjadi
Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah mengalami perceraian adalah menilai keadaan hubungan tersebut. Berhenti untuk berpikir apa yang akan terjadi di masa depan atau apa yang akan mantan pasangan Anda lakukan.

Jangan coba menerka-nerka apa yang akan terjadi. Seba jika kejadiannya berbeda, hal itu hanya akan menghambat Anda. Sebaliknya, lihat kejadian tersebut secara jelas dan harfiah. Tanyakan pada diri sendiri untuk mengetahui dengan pasti di mana Anda berdiri saat ini.

2. Jujurlah pada diri sendiri
Tidak ada yang memaksa untuk mengakhiri hubungan, namun Anda harus membuat pilihan secara sadar apa yang akan terjadi ketika hubungan tersebut diteruskan di masa depan. Ketahui jenis hubungan yang benar-benar Anda inginkan. Pikirkan apakah Anda benar-benar ingin bertahan atau meninggalkan hubungan tersebut.

3. Mainkan peran Anda
Ini bukan tentang menyalahkan atau merasa bersalah tentang apa yang terjadi, namun Anda harus benar-benar menyadari apa yang diinginkan. Jangan mengatakan "ya" ketika Anda ingin berkata "tidak." Lakukan hal ini untuk kebahagiaan Anda sendiri, bukan pasangan atau orang lain.

4. Ambil langkah terbaik selanjutnya
Kesempatan kedua memang tidak selalu datang, namun memberikan kesempatan kedua juga tidak selalu berujung baik. Terkadang, seseorang hanya mengulang kesalahan yang sama dengan sebelumnya menyebabkan rasa sakit yang lebih dalam. 

Mengakhiri hubungan memang bukan sebuah tindakan yang menyenangkan untuk dilakukan, namun cobalah melihat cara ini sebagai yang terbaik. Jika perlu, mintalah bantuan seorang profesional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini