Sukses

Destinasi Wisata ala Backpacker yang Bakal Jadi Tren di 2017

Aktivitas backpacker makin diminati anak muda Indonesia, ini dia destinasi wisata ala backpacker yang akan menjadi tren di 2017.

Liputan6.com, Jakarta Backpacker sudah tentu wisatawan, namun wisatawan belum tentu seorang backpacker. Meski memiliki definisi yang hampir sama, nyatanya kedua hal tersebut melingkupi aktivitas yang berbeda. Tidak ada yang lebih baik antara keduanya, mengingat pada dasarnya backpacker dan wisatawan sama-sama penjelajah, hanya saja caranya yang berbeda.

Namun demikian, di kalangan anak muda Indonesia aktivitas backpacker makin diminati. Selain perlengkapan backpacker makin inovatif dan mudah ditemui dengan harga yang terjangkau, Indonesia juga terkenal dengan keindahan alam dan budaya yang tidak ada tandingannya.

Berikut destinasi wisata di Indonesia yang diramalkan akan menjadi tren tujuan wisata backpacker di tahun 2017, seperti disusun tim Liputan6.com, Jumat (25/11/2016).

Negeri di Atas Awan, Tana Toraja
Baru di buka secara resmi awal tahun 2016, wisata ‘Negeri di Atas Awan’ Desa Lolai, Tana Toraja, Sulawesi Selatan diramalkan akan menjadi tujuan wisata para backpacker di Indonesia. Berjarak sekitar 16 kilometer dari pusat Kota Rantepao, desa ini tidak hanya menawarkan keindahan alam, tapi juga kekyaan budaya dan kuliner. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Desa Lolai, jangan lupa untuk menyicip kenikmatan kuliner ikan mas dan kopi Toraja yang terkenal.

Desa Lolai berjarak sekitar 16 kilometer dari pusat Kota Rantepao.

Danau Jayamix, Bogor

Berlokasi di kawasan Rumpin, Ciguded, Kabupaten Bogor, keindahan Danau Jayamix mulai dibicarakan banyak orang. Foto: Andi Jatmiko/ Liputan6.com

Danau Jayamix merupakan danau yang terbentuk secara tidak sengaja dari bekas galian tambang material batu dan pasir. Berlokasi di pedalaman Bogor, tepatnya di Desa Tegal Lega Cigudeg, lokasi danau yang oleh masyarakat setempat dikenal dengan nama Danau Rumpin ini belum bisa dijangkau angkutan umum. Tak heran jika banyak yang menganggap, danau ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok bagi penggemar aktivitas backpacker.

Pagaralam, Sumatera Selatan

Dilengkapi dengan fasilitas berstandar internasional, paralayang di Pagaralam menjadi salah satu aktivitas olahraga wisata yang digemari atlet lokal dan mancanegara.

Bumi Besemah tak pernah pudar akan pesonanya. Memiliki destinasi yang dilengkapi beragam atraksi wisata, mulai dari petik the, offroad, paralayang, hingga mendaki gunung Dempo, Pagaralam diramalkan menjadi tujuan wisata backpacker di tahun 2017. Apalagi dinas pariwisata setempat tengah berbenah serius untuk memberikan pelayanan wisata yang maksimal. Bagi Anda kyang berkunjung ke pagaralam, sempatkan mampi ke sentra pembuatan senjata tradisional Kudok yang khas.

Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah

Taman Nasional Sebangau berlokasi di Kabupaten Katingan, Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Musim penghujan merupakan saat yang tepat untuk menyusuri keindahan hutan hujan tropis Sebangau, mengingat di musim kemarau air sungai akan surut, sehingga perjalanan terpaksa harus ditempuh dengan berjalan kaki menembus hutan sepanjang 3 kilometer atau menghabiskan waktu selama 4 jam treking. Menurut data yang pernah dihimpun Liputan6.com, taman nasional yang masuk kawasan Kabupaten Katingan ini memiliki ratusan jumlah flora, yang didominasu oleh pohon Saga Gulang. Di taman nasional yang memiliki luas emncapai 568 ribu hektar ini juga menjadi habitat bagi 15 jenis mamalia, ratusan jenis burung, dan 54 spesies ular.

Pulau Widi, Maluku

Berlokasi di desa Gane Luar, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Kepulauan Widi dikenal memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Foto: Andi Jatmiko.

Bagi Anda pecinta wisata bahari, Pulau Widi yang berlokasi di Desa Gane Luar, Halmahera Selatan ini menjadi destinasi wisata yang tepat untuk dikunjungi. Hamparan pasir yang ptuih, air laut yang jernih, dan pemandangan dasar laut yang menakjubkan menjadi alasan mengapa pulau ini perlu menjadi tujuan wisata backpacker Anda. Sejalan dengan pembenahan yang dilakukan pemerintah daerah setempat terhadap akses jalan dan fasilitas penunjang wisata, Pulau Widi menjadi destinasi wisata yang layak dikunjungi.

Solo, Jawa Tengah

Prajurit Keraton mengawal arak-arakan gunungan pada acara Grebeg Syawal di halaman Masjid Agung Solo, Jawa Tengah, Jumat (8/7). Grebeg Syawal merupakan tradisi Keraton Kasunanan Surakarta untuk merayakan Idul Fitri. (Liputan6.com/Boy Harjanto)

Solo menjadi tujuan wisata yang lengkap, mulai dari wisata alam, budaya, hingga wisata belanja. Bahkan Kementerian Pariwisata tengah gencar mempromosikan kota Solo sebagai salah satu pusat destinasi wisata belanja di Indonesia. Tak hanya itu, lokasinya yang berdekatan dengan Jogja dan Semarang, membuat Solo diprediksi akan menjadi destinasi wisata favorit bagi banyak backpacker dari kalangan anak muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.