Sukses

Sering Mengikat Rambut? Lakukan 5 Hal Ini agar Tidak Rusak

Mengikat rambut terlalu sering dan terlalu kencang dapat menyebabkan kulit kepala tegang dan folikel rambut tertarik

Liputan6.com, Jakarta Saat melakukan aktivitas yang mengharuskan Anda banyak bergerak, Anda cenderung mengikat rambut panjang Anda agar tidak mengganggu dan untuk mengusir gerah. Namun, mengikat rambut terlalu sering dan terlalu kencang ternyata dapat menyebabkan kulit kepala tegang dan folikel rambut tertarik. Kondisi tersebut bisa memicu kerusakan dan kerontokan rambut.

Tommy Buckett, seorang hairstylist yang biasa menangani rambut para selebritas, membagi tipsnya kepada Anda. Seperti dilansir dari laman harpersbazaar.com, Kamis (24/11/2016), berikut 5 hal yang perlu diperhatikan agar rambut tidak rusak saat terlalu banyak diikat. 

Keringkan rambut sebelum mengikatnya
“Rambut sangat rawan saat basah,” kata Buckett. Rambut yang basah akan lebih terentang dan bisa memberikan tekanan yang lebih besar jika dibandingkan dengan rambut yang diikat dalam kondisi kering. Jika Anda sedang terburu-terburu, fokuslah untuk mengeringkan bagian akar rambut tempat ikatan rambut Anda, kemudian biarkan sisanya kering sendiri karena udara dan angin.

Jangan gunakan pengikat rambut berbahan besi
Pengikat rambut berbahan besi merupakan musuh besar rambut indah Anda karena tidak bisa melar. Hal itu akan akan menyebabkan rambut mudah rontok. Anda bisa menggunakan pengikat rambut berbahan karet yang bisa melar sehingga Anda bisa mengatur ikatan rambut Anda lebih fleksibel.

Jangan mengikat rambut di bagian yang sama
Kadang ada wanita yang menyukai gaya ikat rambut tertentu dan mengikat rambutnya dengan cara yang sama terus menerus di tempat yang itu itu saja. Hal tersebut kurang baik karena bagian rambut yang sering diikat tersebut akan lebih cepat rusak dibandingkan dengan bagian yang tidak kena ikat. Cobalah untuk memakai variasi ikatan rambut yang berbeda-beda untuk menghindari kerusakan rambut.

Jangan tidur dalam keadaan rambut terikat
Seperti halnya manusia, rambut butuh waktu untuk istirahat juga. Sebaiknya jangan mengikat rambut saat Anda akan pergi tidur karena hal tersebut bisa merusak akar serta batang rambut Anda. Lepaskan ikatan rambut Anda dan biarkan terurai saat Anda tidur.

Lepaskan pengikat rambut dengan perlahan
Sangat penting diperhatikan untuk tidak melepas ikatan rambut secara cepat dan terburu-buru. Lepaskan ikatan rambut secara perlahan dan hati-hati. Hindari menarik ikatan rambut terlalu cepat karena bisa juga membuat rambut Anda ikut tertarik dan rontok. Menarik ikatan rambut secara cepat bisa juga membuat kulit kepala Anda sakit. (Ana Fauziyah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.