Sukses

Tips Mengendalikan Diri Menghadapi Orang Berkepribadian Negatif

Masih bingung harus seperti apa menghadapi orang-orang negatif di sekitar Anda? Simak di sini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang Anda ketahui bahwa di dunia ini tidak semua hal adalah hal yang baik, termasuk jenis manusia di dalamnya. Dari semua kesempurnaan hidup, Anda pasti pernah beberapa kali menemui orang-orang dengan kepribadian negatif.

Misalnya rekan kerja yang selalu membuat Anda tidak percaya diri di kantor atau kerabat yang tampaknya selalu berhasil membuat keadaan tidak menyenangkan. Anda tidak bisa terus lari, namun hampir semua usaha yang Anda coba untuk memperbaiki keadaan, sia-sia. Lantas, bagaimana cara terbaik untuk berurusan dengan orang-orang ini?

Dilansir dari mydomaine.com, Sabtu (26/11/2016), Mark Goulston, psikiater di University of California, Los Angeles menyatakan bahwa semua keadaan yang terjadi pada diri Anda sepenuhnya tergantung pada perspektif Anda sendiri.

Mark menegaskan bahwa Anda dapat berurusan dengan orang-orang dengan kepribadian negatif ketika secara aktif Anda menyesuaikan interpretasi Anda sendiri pada mereka. Dalam buku terbarunya yang berjudul Talking to Crazy, Mark menguraikan langkah strategis untuk hal ini secara lebih rinci.

Pertama, Anda harus membuat daftar berbagai kualitas negatif yang mereka miliki dan tindakan yang akan Anda lakukan untuk memahami perilaku mereka yang begitu membuat Anda marah. Kedua, pahami apa kebalikan dari masing-masing sifat yang mereka miliki.

Misalnya, jika ada seorang rekan kerja yang dirasa sangat sombong, cobalah bayangkan ia sebagai sosok yang sederhana. Lain kali ketika ada seorang rekan kerja yang tidak berhenti membicarakan hasil proyek yang berhasil ia tangani, bayangkan bahwa ia melakukannya untuk kemajuan perusahaan.

Cara ini tidak hanya akan menurunkan tingkat stres Anda, namun juga menghilangkan keraguan terhadap orang-orang di sekitar, sehingga hubungan yang terjalin dan kepribadian Anda serta orang-orang sekitar Anda menjadi lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.