Sukses

Jepang Sempurnakan Alat Canggih Doraemon untuk Olimpiade 2020

Salah satu perusahaan teknologi terbesar Jepang, Panasonic, menciptakan sebuah pelantang suara yang bisa menggunakan berbagai bahasa.

Liputan6.com, Jakarta Jepang tidak akan kehabisan inovasi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam negerinya. Setelah terpilih menjadi negara penyelenggara Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang bersiap untuk menghadapi gempuran masyarakat luar yang ingin menyaksikan langsung perhelatan olahraga akbar ini. Tapi, munculah sebuah masalah, bagaimana cara berkomunikasi dengan orang sebanyak itu?

Dirilis dari odditycentral.com, Minggu (27/11/2016), Jepang yang notabene tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris mumpuni, mencoba membuat inovasi untuk menyelesaikan permasalahan ini. Salah satu perusahaan teknologi terbesar Jepang, Panasonic, menciptakan sebuah pelantang suara yang bisa menggunakan berbagai bahasa.

Ingat dengan kisah Doraemon yang menggunakan Magic Konyaku untuk bisa berkomunikasi dengan bahasa apa pun? Nama ini menjadi inspirasi Panasonic untuk mengenalkan produk yang satu ini, Megahonyaku.

Saat ini Megahonyaku bisa menerjemahkan bahasa Jepang ke bahasa Inggris, China dan Korea. Namun saat ini masih terbatas kosakatanya, hanya sekitar 300 kalimat umum saja. Tapi nantinya akan terus diperbanyak dan kosakata baru bisa diunduh melalui internet.

Jepang membuat inovasi pelantang suara yang dapat mengeluarkan suara berbagai bahasa (foto : Odditycentral)

Alat ini didesain untuk digunakan pada tempat umum seperti stasiun kereta, bandara, dan tempat turis di mana kecepatan dan informasi akurat sangat dibutuhkan. Sekitar 30 organisasi, termasuk polisi dan operator kereta, telah melakukan percobaan pada Megahonyaku sejak tahun 2015. Tapi produk ini akan dikeluarkan nanti pada bulan Desember 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.