Sukses

Jepang Sempurnakan Alat Canggih Doraemon untuk Olimpiade 2020

Liputan6.com, Jakarta Jepang tidak akan kehabisan inovasi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam negerinya. Setelah terpilih menjadi negara penyelenggara Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang bersiap untuk menghadapi gempuran masyarakat luar yang ingin menyaksikan langsung perhelatan olahraga akbar ini. Tapi, munculah sebuah masalah, bagaimana cara berkomunikasi dengan orang sebanyak itu?

Dirilis dari odditycentral.com, Minggu (27/11/2016), Jepang yang notabene tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris mumpuni, mencoba membuat inovasi untuk menyelesaikan permasalahan ini. Salah satu perusahaan teknologi terbesar Jepang, Panasonic, menciptakan sebuah pelantang suara yang bisa menggunakan berbagai bahasa.

Ingat dengan kisah Doraemon yang menggunakan Magic Konyaku untuk bisa berkomunikasi dengan bahasa apa pun? Nama ini menjadi inspirasi Panasonic untuk mengenalkan produk yang satu ini, Megahonyaku.

Saat ini Megahonyaku bisa menerjemahkan bahasa Jepang ke bahasa Inggris, China dan Korea. Namun saat ini masih terbatas kosakatanya, hanya sekitar 300 kalimat umum saja. Tapi nantinya akan terus diperbanyak dan kosakata baru bisa diunduh melalui internet.

Jepang membuat inovasi pelantang suara yang dapat mengeluarkan suara berbagai bahasa (foto : Odditycentral)

Alat ini didesain untuk digunakan pada tempat umum seperti stasiun kereta, bandara, dan tempat turis di mana kecepatan dan informasi akurat sangat dibutuhkan. Sekitar 30 organisasi, termasuk polisi dan operator kereta, telah melakukan percobaan pada Megahonyaku sejak tahun 2015. Tapi produk ini akan dikeluarkan nanti pada bulan Desember 2016.

Artikel Selanjutnya
Mengkaji 'Senjata' Rahasia Google Translate, Apa Kehebatannya?
Artikel Selanjutnya
Makin Akurat, Google Translate Didukung Kecerdasan Buatan