Sukses

Aksi Peduli Bumi ALA Delia von Rueti dengan Desain T-Shirt Unik

Liputan6.com, Jakarta "Bumi dan seisinya cukup untuk memenuhi kebutuhan semua orang, tapi bukan keserakahan semua orang". Perspektif yang diungkapkan ecocentic ini sepertinya yang menjadi awal keinginan Delia van Rueti membangun Taman Hutan Hujan Tropis.

Delia merupakan seorang desainer jewelry yang fokus terhadap lingkungan. Melalui Love & O2 dan gerakan 1 T-shirt for 1 Tree Movement Delia ingin bersama-sama mengajak masyarakat menyadari betapa berharganya bumi ini.

Seperti diketahui, hutan hujan tropis juga dikenal sebagai paru-paru dunia. Diperkirakan, sekitar 40 persen produksi oksigen dunia dihasilkan dari tempat ini. Dan Indonesia merupakan kawasan yang memiliki hutan hujan tropis terbanyak di antara negara lain di Asia, salah satunya ada di Pulau Kalimantan.

Berikut aksi peduli bumi dari Delia von Rueti yang mendonasikan tanahnya untuk membuat Taman Hutan dan mendesain T-shirt unik.

Taman Hutan Hujan Tropis ini dibuat untuk pertama kalinya di Indonesia. Dibangun dengan tanah seluas 2.500 hektar yang merupakan donasi dari lahan pribadi Delia sendiri. Taman ini berada di Muara Teweh, dekat dengan Bandar Udara Baringin, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah.

“Sebagai salah satu bentuk sumbangsih untuk negara yang saya cintai ini, saya siap untuk mendonasikan lahan pribadi untuk konservasi. Mimpi besar saya adalah, kita dapat membangun Taman Hutan Hujan Tropis pertama di Indonesia, yang kelak dapat dinikmati oleh generasi berikutnya,” ujar Delia von Rueti penggagas Taman Hutan Hujan Tropis pada Media Gathering, Rabu (23/11/2016) di Grand Hyatt Jakarta.

Berikut aksi peduli bumi dari Delia von Rueti yang mendonasikan tanahnya untuk membuat Taman Hutan dan mendesain T-shirt unik.

Selain mendonasikan lahan miliknya, sebagai upaya mencintai bumi Delia juga menggagas gerakan 1 T-shirt for 1 Tree Movement. T-shirt yang dijual didesain langsung oleh Delia. Jika sebelumnya Delia biasanya mendesain jewelry, kali ini mendesain sendiri T-shirt cantik dan unik yang dijual ke publik. Hasil dari penjualan T-shirt seharga Rp 100 ribu hingga Rp 399 ribu ini nantinya akan disumbangkan, untuk membantu penanaman pohon serta pemeliharaan Taman Hutan Hujan Tropis.

"Ini kali pertama saya mendesain t-shirt. Ini membutuhkan waktu yang sedikit lama bersama dengan tim," ujar Delia.

T-shirt ini bernuansa hijau yang kental dengan pepohonan dan alam. Untuk desain gambar perpaduan gambar komponen hutan seperti pohoh, batang, daun, dan hewan hutan menjadi fokus Delia. Pada gerakan ini juga turut berpartisipasi sederet artis beberapa diantaranya Titi Dj serta Aming dan istrinya. 

Berikut aksi peduli bumi dari Delia von Rueti yang mendonasikan tanahnya untuk membuat Taman Hutan dan mendesain T-shirt unik.

Taman Hutan ini nantinya akan ditanami pohon dengan jenis kayu keras seperti pohon kayu besi atau kayu ulin, meranti, merupakan jenis pepohonan yang dapat tumbuh cepat di hutan tropis Kalimantan Tengah. Selain itu akan ditanami pula dengan buah tanaman keras seperti manggis, nangka, tamarin, flamboyan, ketapang, dan kemuning.

“Saya ingin menjadikannya sebagai taman paling indah dan diharapkan dengan tumbuh dan berbuahnya pohon-pohon ini, para satwa akan kembali ke habitatnya karena tersedia banyak buah yang bisa mereka makan,” kata Delia.

Artikel Selanjutnya
Simak Sejarah Perjalanan Chanel di Museum Ini
Artikel Selanjutnya
Tampilkan Gaya Profesional Anda dengan Tracksuits