Sukses

Hati-Hati 7 Makanan Favorit Ini Ternyata Percepat Penuaan Dini

Memang, menjadi tua adalah takdir, namun semua orang ingin tampak awet muda. Ternyata makanan ini memicu penuaan datang lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta Memang, menjadi tua adalah takdir sebagai manusia. Namun semua orang ingin tampak awet muda bukan setiap harinya.

Secara tidak sadar, mengonsumsi makanan ini setiap harinya akan membantu Anda tampak lebih tua dari sebelumnya baik wajah ataupu fisik seperti melansir dari thelist.com, Jumat (25/11/2016).

Berikut ini tujuh makanan manis yang ternyata membuat lebih tua, mana favorit Anda?

Makanan Manis

Ilustrasi makanan manis. (via: boldsky.com)
Tentu saja, makanan manis banyak mengandung gula yang mampu meningkatkan gula darah Anda. Ternyata aktivitas mengolah gula dalam tubuh merusak kolagen dan protein yang membuat kulit tetap sehat. Akibatnya, kulit Anda tidak halus dan bersinar lagi.

Minuman Alkhohol

Sambil menyesap wine, kamu bisa membaca cerpen-cerpen yang ada di botol. (Via: mymodernmet.com)
Mengonsumsi minuman alkohol terlalu sering dapat berkontribusi besar pada penuaan dini, kehilangan kolagen, kulit tidak elastis, serta dehidraasi. Minuman yang digemari kaum urban ini juga menurunkan kadar vitamin A yang menjadi antioksidan yang penting dalam tubuh.

7 Makanan Favorit Ini Ternyata Memicu Penuaan Dini

Produk Siap Saji

Ilustrasi sayap ayam goreng. (flickr.com)
Makanan siap saji mengandung berbagai jenis zat yang kita tidak ketahui bagaimana cara pengolahannya. Makanan kegemaran di seluruh dunia ini juga menyimpan lemak trans yang terbentuk akibat proses penggorengan. Lemak ini dapat menyumbat aliran darah sehingga membuat kulit tampak lebih tua.

Daging Olahan

Mengonsumsi daging merah mungkin sehat, tapi jika dikonsumsi berlebihan berisiko penyakit
Terlalu sering mengonsumsi daging olahan dapat meningkatkan kadar garam dan sulfat dalam tubuh Anda. Dua unsur ini bertanggung jawab untuk kerusakan kulit sehingga tampak tua. Sulfat akan menyebabkan pembengkakan di kulit, sedangkan garam memicu kulit kemerahan dan paras wajah tampak tidak sehat.

7 Makanan Favorit Ini Ternyata Memicu Penuaan Dini

Soda

Usai minum minuman manis seperti diet soda, pastikan untuk minum air putih sesudahnya. (Foto: ABC News)
Baik soda manis atau soda tanpa gula, makanan ini memberikan peluang penuaan yang sama besarnya dengan merokok. Penelitian menunjukkan mengonsumsi 20 ons soda setara dengan 4 sampai 6 tahun penuaan. Tentu saja perusahaan soda tidak ingin menunjukkan fakta ini pada Anda.

Keripik Asin

Rasa keripik kentang ini bikin kamu nggak mau ngemil lagi.
Bagi penggemar keripik, Anda harus waspada dengan kelebihan garam dalam penganan favorit ini. Selain meningkatkan kadar sodium pada tubuh, makanan ini juga memberikan efek yang sama dengan soda, yaitu penuaan. Telalu banyak konsumsi garam akan meningkatkan umur sel dan memicu penyakit jantung. Untuk itu, konsumsilah garam secukupnya agar tampak lebih muda baik wajah dan perasaan Anda.

Kopi

Banyak orang menikmati kopi dengan beragam cara dan gaya, mulai dari yang membeli yang sudah siap saji di sebuah kedai kopi, hingga yang memiliki alat penggiling biji kopi di rumah agar bisa meraciknya sendiri.
Sudah menjadi minuman terkenal di dunia, kopi juga menyimpan berbagai sumber penuaan yang dapat mempengaruhi kulit. Kafein menjadi salah satu penyebabnya, karena dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh dan meningkatkan kerutan pada wajah. Bila ingin tetap menikmati kopi, perbanyaklah minum air putih sehingga tidak terjadi dehidrasi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.